Tekad Marc Klok Juara Lagi dengan Persib Tanpa Championship Series 

Para pemain akan berkumpul pada 1 Juli

Bandung, IDN Times - Gelandang tengah Persib Bandung, Marc Klok, menyambut baik kepastian tidak adanya championship series pada Liga Indonesia musim 2024/2025. Dengan kepastian ini maka tim yang juara harus mendapat poin paling banyak pada akhir kompetisi.

Klok pun tak mempermasalahkannya. Menurutnya, aturan ini seperti itu sudah lumrah dilakukan di banyak kompetisi sepakbola luar negeri.

"Tanpa championship series musim, bagi saya, saya tidak terlalu memikirkannya. Memang di tahun ini begitu menyenangkan, kami menjuarainya dan tentu merasa senang. Tapi tahun depan tanpa championship series, mari kita jadikan ini tantangan baru dan buktikan kami bisa menjadi juara tanpa itu," kata Klok, Senin (24/6/2024).

1. Tetap berlatih meski masih berlibur

Tekad Marc Klok Juara Lagi dengan Persib Tanpa Championship Series (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski tim masih berkumpul awal Juli, Klok memastikan bahwa dia tetap melakukan latihan ringan meski dalam keadaan berlibur. Mulai dengan gym untuk perlahan memperbaiki kondisi badan hingga pola makan tetap dijaga agar ketika datang ke Bandung dia sudah siap berlatih bersama tim.

"Jadi ketika kembali ke Persib bisa mengikuti intensitasnya lagi," ujar Klok.

Dia menilai bahwa laga pertama yang akan dilakukan para Agustus awal bisa jadi ditunda. Ini tidak terlepas dari kebiasaan penyelenggara Liga Indonesia yang pertandingan awal kerap molor dari jadwal ditentukan.

2. Menikmati waktu libur di Jepang dan Belanda

Tekad Marc Klok Juara Lagi dengan Persib Tanpa Championship Series Foto Pemain bola Marc Klok (Instagram.com/marcklok)

Untuk saat ini, pemain keturunan Belanda itu sedang menikmati waktu berlibur bersama keluarga. Klok memilih mengajak keluarganya jalan-jalan ke Jepang dan pergi ke Belanda sebelum memulai pramusim.

"Bisa berlibur lama dan ini penting melakukan recovery tubuh, mengisi ulang baterai karena musim kompetisi bergulir sangat panjang, lebih dari satu tahun. Jadi saya butuh istirahat, rileks dan sejenak berhenti memikirkan sepak bola," kata dia.

3. Para pemain akan berkumpul 1 Juli 2024

Tekad Marc Klok Juara Lagi dengan Persib Tanpa Championship Series (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, pelatih Persib Bojan Hondak memastikan para pemain sudah berada di Bandung pada 1 Juli 2024, sementara latihan pertama akan berlangsung keesokan harinya, 2 Juli 2024.

"Kami berencana untuk mulai pada tanggal 2 Juli. Namun kami masih menunggu jadwal resmi Liga 1," kata dia.

Bojan sudah memberikan program latihan mandiri buat para pemainnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemain menjalani latihan pertama setelah libur panjang akhir kompetisi.

"Semua pemain harus mengikuti tes kebugaran Individu. Para pemain harus mengikuti program individu. Beberapa hari pertama kami akan melakukan tes untuk melihat tingkat kebugaran mereka dan kemudian kami akan melakukan pelatihan sesuai dengan itu," pungkasnya.

Baca Juga: Persib Optimistis Raih Gelar Juara Meski Tanpa Championship Series

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya