Target Penonton Pildun U-17 Belum Capai Target, PSSI Tak Khawatir 

FIFA harap 10 ribu penonton hadir di setiap laga

Bandung, IDN Times - Jumlah penonton di setiap pertandingan Piala Dunia (Pildun) U-17 masih jauh dari harapan. Jumlahnya masih banyak yang di bawah 10 ribu penonton sesuai dengan permintaan dari FIFA.

Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, LOC dan PSSI bersama FIFA sampai hari ini masih mempromosikan sisa pertandingan yang berlangsung di empat stadion, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan (Surakarta), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah ajang turnamen sepak bola Piala Dunia U-17, Indonesia masih perlu banyak belajar, termasuk mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong meramaikan stadion.

“Ini adalah tanggung jawab kita bersama. Posisinya kami LOC dan PSSI bersama FIFA selalu meningkatkan publikasi kami. Apa yang harus diperbaiki, kami harus tingkatkan. Itu setiap hari, jangan khawatir,” kata Tisha ditemui di Bandung, Minggu (12/11/2023).

1. Evaluasi dilakukan setiap hari

Target Penonton Pildun U-17 Belum Capai Target, PSSI Tak Khawatir Pertandingan Pildun U-17 antara Venezuela vs Selandia Baru, Minggu (12/11/2023). Debbie Sutrisno/IDN Times

Selain promosi gelaran Piala Dunia U-17, panitia juga memperbaiki setiap detail yang ada di stadion, contohnya penempatan sponsor dan letak pembuangan sampah untuk memudahkan penonton di stadion.

Menurut Tisha, turnamen sepak bola berkaliber internasional seperti Piala Dunia yang menjadi daya jualnya ialah sepak bolanya. Maka dari itu, hal yang ditingkatkan untuk menarik minat penonton adalah fasilitas persepakbolaannya.

“Kita harus tahu seberapa sih level u-17 dunia, yang seharusnya kita harapkan. Jadi, kalau nanti ke depan sama monitoring progres, kami tahu ekspekstasi harus menuju ke mana. Selama ini kan enggak kebayang, anak yang disebut bagus umur 17 tahun tuh gimana. Nah, kita sama-sama lihat itu,” tuturnya.

2. Pertandingan di Jalak belum ramai didatangi penonton

Target Penonton Pildun U-17 Belum Capai Target, PSSI Tak Khawatir Debbie Sutrisno/IDN Times

Di hari pertama pertandingan Piala Dunia U-17 di Bandung, jumlah penonton yang memadati Stadion Si Jalak Harupat berjumlah 6.222 orang. Jumlah tersebut diambil saat pertandingan kedua yang mempertemukan Timnas Argentina dengan Senegal.

Kemudian pada pertandingan pertama di hari kedua yang menyajikan laga antara Venezuela dan Selandia baru, jumlah penontonnya pun hanya 2.932.

3. Indonesia ingin menghelat pertandingan FIFA yang lebih besar

Target Penonton Pildun U-17 Belum Capai Target, PSSI Tak Khawatir Wakil Ketua Umum PSSI 2, Ratu Tisha di Gedung Nusantara II, Senin (20/3/2023). (IDN Times/Tino).

Di sisi lain, Tisha menyebut bahwa perhelatan Piala Dunia (Pildun) U-17 di Indonesia saat ini menjadi langkah kecil yang dilakukan pemerintah untuk bisa menggelar perhelatan FIFA yang lebih megah dan besar.

Dengan segala persiapan yang ada panitia mampu mengorganisir berbagai hal agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

"Ini adalah awal mula bagi Piala Dunia U-17, awal mula turnamen FIFA yang sempat digadang-gadang untuk jadi tuan rumah piala dunia timnas senior," kata Tisha kepada wartawan di Bandung, Minggu (12/11/2023).

Menurutnya, Pildun U-17 menjadi uji coba untuk Indonesia menuju kegiatan yang lebih besar lagi. Uji coba tersebut dimulai dari sekarang dan semua harus serius menanganinya.

Baca Juga: Tiket Pildun U-17 Argentina vs Jepang Habis Terjual

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya