Tak Terima Ditegur, Warga Pukul Petugas Dishub Bandung hingga Berdarah

Pemkot minta warga bisa patuhi aturan lalu lintas

Bandung, IDN Times - Sebuah video memperlihatkan perselisihan antara wisatawan lokal dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) di Kota Bandung viral di media sosial. Dalam video tersebut dinarasikan bahwa petugas tersebut dipukul menggunakan mangkuk bubur oleh seorang wisatawan di bagian kepala hingga berdarah.

Pelaksana tugas (Plt) Kadishub Kota Bandung Asep Kuswara membenarkan mengenai penganiayaan tersebut. Menurutnya, kendaraan warga ini memang terparkir di lahan yang tidak diperbolehkan. Saat penertiban terjadi cekcok dan petugas itu terkena lemparan mangkuk di bagian kepala.

"Memang benar ada kejadian itu. Tapi sekarang sudah selesai dan berdamai," kata Asep saat dihubungi, Senin (11/4/2024).

1. Pelaku sempat dikejar oleh anggota dishub lain

Tak Terima Ditegur, Warga Pukul Petugas Dishub Bandung hingga BerdarahPelaku diduga pemukul petugas Dishub di Kota Bandung. IDN Times/Istimewa

Dalam rekaman video yang memperlihatkan wajah terduga pelaku pun beredar di media sosial. Pelaku terlihat berada di dalam mobil dan ditegur seseorang yang diduga rekan dari korban.

"Baturan aing huluna dinaonkeun? (Teman saya kepalanya diapakan?)" kata rekan korban sebagaimana dilihat dalam rekaman tersebut.

"Saya rekam, saya rekam pelaku pembacokan," sahut perekam video.

2. Kasus ini diselesaikan secara kekeluargaan di kantor polisi

Tak Terima Ditegur, Warga Pukul Petugas Dishub Bandung hingga BerdarahIDN Times/Istimewa

Dari informasi yang diterima IDN Times, kejadian ini berlangsung di Jalan Majapahit, Kecamatan Bandung Wetan sekitar pukul 07.15 WIB. Adapun korban yang merupakan petugas Dishub adalah ARP dan pelaku RA. Pelaku sendiri diduga merupakan seorang anggota kepolisian.

Kejadian ini berawal dari terlapor memarkir kendaraan roda empat jenis sedang warna silver berplat B 2139 JU yang akan sarapan di lokasi tersebut, kemudian ditegur oleh korban sebagai petugas Dishub. Pada saat ditegur tersenggol mangkuk bubur yang sedang di makan oleh terlapor.

Lalu terlapor tidak terima atas tersenggolnya mangkuk oleh korban tersebut kemudian terlapor melemparkan mangkok kepada korban dari belakang sehingga korban mengalami memar luka di bagian kepala dan dirujuk ke Rumah Sakit Santo Yusup.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Abdul Rahman, mengatakan peristiwa tersebut dipicu adanya kesalahpahaman di antara korban dan pelaku. Kasus itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Hanya terjadi kesalahpahaman dan sudah diselesaikan secara kekeluargaan," kata dia.

3. Pemkot Bandung imbau wisatawan patuhi aturan yang ada

Tak Terima Ditegur, Warga Pukul Petugas Dishub Bandung hingga BerdarahIDN Times/Istimewa

Atas kejadian tersebut, Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta seluruh masyarakat Kota Bandung maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Bandung untuk sama-sama menaati aturan yang berlaku di Kota Bandung.

Hal ini berkenaan dengan rambu lalu lintas, maupun aturan lainnya demi terwujudnya kondusifitas di Kota Bandung.

“Nikmati suasana di Kota Bandung dengan menaati aturan yang ada. Jika ada larangan parkir, jangan dilanggar,” imbaunya.

Untuk diketahui, saat ini anggota Dishub Kota Bandung tersebut telah dibawa ke rumah sakit. Sedangkan pelaku dan kasus ini telah ditangani oleh Polrestabes Bandung.

Baca Juga: Ribut Relawan 02 dan 03 di Bandung, Korban Pemukulan Lapor ke Polisi 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya