Tak Peduli COVID-19, Warga Penerima BLT Berdesakan di Kantor PT Pos  

Warga rela berdesakan untuk dapat bantuan dari pemerintah

Bandung, IDN Times - Pembagian bantuan langsung tunai (BLT) kembali ramai di sejumlah kantor perwakilan PT Pos. Di kantor perwakilan yang ada di Jalan Cihampelas, Bandung, ratusan warga rela berdesak-desakan tanpa mengindahkan aturan jaga jarak atau physical distancing di saat wabah virus corona (COVID-19) masih ada.

Pantauan IDN Times, warga sudah memadati kantor pos yang ada di Hotel Poin Phila sejak, Kamis(21/5), pagi. Membawa sejumlah persyaratan, mereka langsung mengantre di depan pintu masuk tanpa jarak aman.

Tidak ada sama sekali pengaturan di luar kantor pos, baik sekat ataupun kursi. Warga pun dengan santai berhimpitan demi mendapat antrean paling depan.

1. Ada yang sampai duduk di pinggir jalan

Tak Peduli COVID-19, Warga Penerima BLT Berdesakan di Kantor PT Pos  IDN Times/Debbie Sutrisno

Saking antrean yang padat, sejumlah warga bahkan harus rela duduk di sekitar pelataran hotel. Ada juga yang duduk di pinggir jalan, kemudian ada yan berdiam diri di trotoar.

Ari, salah satu warga yang datang ke kantor pos ini merasa takut dengan banyaknya warga yang berkumpul seperti sekarang. Namun, karena sudah tidak ada uang dia kemudian mengantar ibunya untuk mengambil bantuan ini.

"Ya ngeri juga takut tertular corona. Tapi gimana lagi kalau ga ada uang mau Lebaran juga jadi kita ikut antre saja," ujarnya.

2. PT Pos diminta sediakan fasilitas untuk jaga jarak

Tak Peduli COVID-19, Warga Penerima BLT Berdesakan di Kantor PT Pos  IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Yudi, yang juga datang untuk mengambil bantuan ini tidak menyangka warga yang datang sangat banyak. Saking banyaknya antrean mengular sampai ke luar dan menumpuk di jalanan.

Dia pun meminta kepada pihak PT Pos sebaiknya menyiapkan fasilitas yang benar untuk mengambil bantuan dengan mengutamakan physical distancing seperti imbauan dari pemerintah.

"Ya harusnya ada yang jaga atau bagaimana ini diatur. Jadi jaraknya juga diatur biar tidak ada penularan virus," ungkapnya.

3. Ada kantor pos yang lakukan penyekatan menggunakan tali rapia

Tak Peduli COVID-19, Warga Penerima BLT Berdesakan di Kantor PT Pos  IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, pembagian BLT yang juga ramai dikunjungi warga ada di Kantor Pos Jalan Cikampek, Antapani, Kota Bandung. Di sana banyak warga yang mendatang Kantor Pos guna mendapat bantuan dari pemerintah ini.

Bedanya, di kantor pos ini pihak keamanan sudah menyiapkan antrean yang lebih baik menggunakan tali rapia. Meski demikian, jarak antrean dari satu orang ke orang lain tetap masih berdekatan.

Kemudian ada juga dari mereka yang harus duduk berdekatan di luar antrean. Artinya warga tetap tidak bisa menjaga jarak ketika datang untuk mendapat BLT.

Baca Juga: Penyaluran BLT Dana Desa Capai 24 Persen 

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Menko PMK Percepat Penyaluran BLT dan Bansos

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya