Tak Ada Bonus dari Oded, KONI Bandung Harap Atlet PON Perbanyak Sabar 

Bonus atlet kemungkinan didapat dari Pemprov

Bandung, IDN Times - Atlet dari Kota Bandung yang berhasil menyumbang medali dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua kemungkinan besar tidak mendapat bonus dari pemerintah kota (Pemkot). Anggaran yang minim membuat Pemkot Bandung belum memprioritaskan atlet mendapat uang tambahan tersebut.

Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bandung Oce Permana mengatakan, persoalan anggaran pemerintah daerah memang sulit dijelaskan. Sebab, tidak semua daerah memiliki dana mencukupi untuk pemberian bonus tersebut.

"Legowo dulu saja sekarang mah, sabar. Pemerintah lagi berusaha," ujar Oce saat dihubungi wartawan, Selasa (19/10/2021).

1. Bonus diharapkan diperoleh dari pemerintah Provinsi Jawa Barat

Tak Ada Bonus dari Oded, KONI Bandung Harap Atlet PON Perbanyak Sabar ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Dengan tidak adanya bonus dari Pemkot Bandung, KONI Bandung berharap para atlet yang mendapat medali dan mengharumkan nama Jawa Barat, khususnya Kota Bandung bisa meraih bonus dari pemerintah provinsi (pemprov). Meski angkanya belum ditentukan, tapi uang itu bisa jadi pelipur lara para atlet.

"Semua kalau bisa dapat uang kadeudeuh ini, karena dulu juga dapat," ungkap Oce.

Dia khawatir ketika ada atlet di Kota Bandung yang tidak mendapat bonus, ketika akan mengikuti kegiatan serupa mereka bisa pindah ke daerah lain dan menjadi atlet di sana.

2. DRPD sesalkan keputusan Pemkot Bandung

Tak Ada Bonus dari Oded, KONI Bandung Harap Atlet PON Perbanyak Sabar Pesenam Lampung Sutjiati K. Narendra beraksi dalam nomor alat pita final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung menyesalkan pernyataan Wali Kota Bandung Oded M Danial yang belum bisa memberikan bonus kepada atlet peraih medali dalam pekan olahraga nasional (PON) XX Papua. Padahal sebelumnya Oded sempat menjanjikan hal tersebut saat melepas para atlet beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha menyebut pernyataan Oded sebagai bentuk ketidakpedulian Pemkot Bandung terhadap warganya yang menorehkan prestasi di ajang olahraga Nasional.

"Ini adalah bentuk ketidak pedulian Pemkot Bandung terhadap warganya yang berprestasi.Ini kan untuk memberi penghargaan untuk orang-orang-orang yang berjuang dan sudah mengharumkan nama Kota Bandung," tandas Ahmad saat dihubungi wartawan, Senin (18/10/2021).

3. Atlet yang berprestasi seharusnya dapat bonus

Tak Ada Bonus dari Oded, KONI Bandung Harap Atlet PON Perbanyak Sabar Ilustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Achmad tidak paham maksud pernyataan Oded dan berharap ucapan tersebut tidak serius. Para atlet yang telah mengharumkan nama Jawa Barat, khususnya Kota Bandung layak mendapatkan bonus dari pemerintah daerah.

Menurut Achmad hal kalaupun pada akhirnya tidak memberi bonus, tentunya harus ada alasan yang jelas. Bagaimana mereka bisa berkembang jika tidka ada stimulan yang baik dari pemerintah.

"Kalau (kendalanya) urusan anggaran, sepertinya tidak menjadi alasan," kata dia.

Baca Juga: Sempat Janjikan Bonus, Sekarang Oded Pusing Berikan Kadeudeuh Atlet PON

Baca Juga: Gak Ada Bonus di Bandung, Ridwan Kamil: Jangan Sampai Atlet Pundung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya