Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal di Bandung, Siapa Salah? 

KNKT bakal lakukan investigasi menyeluruh

Bandung, IDN Times - Kecelakaan yang melibatkan dua kereta api yakni KA Turangga dan KA Commuterline (Lokal) terjadi di Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jumat (5/1/2024). Empat orang meninggal dunia dan puluhan penumpang dilarikan ke rumah sakit.

Lantas apa penyebab kecelakaan itu?

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, enggan berasumsi lebih dulu. Menurutnya, penyebab kecelakaan akan diinvestigasi langsung oleh tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Mereka akan mengumpulkan sejumlah data kemudian menarik simpulan mengenai penyebab kecelakaan.

"Nanti kami akan melihat secara detil data yang bisa kita kumpulkan untuk mengevaluasi kejadian ini," kata dia di lokasi kejadian.

1. Jangan ada spekulasi lebih dulu

Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal di Bandung, Siapa Salah? Kecelakaan KA Turangga (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Mohammad Risal Wasal, juga menyebut investigasi akan dilakukan tim dari KNKT. Disinggung mengenai dugaan terjadinya miss komunikasi, dia pun enggan berspekulasi.

"Ini (komunikasi petugas di stasiun dan masinis) kita teliti, datanya kita teliti. Nanti kita akan cek semuanya," ujar dia.

2. Evakuasi terus dilakukan

Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal di Bandung, Siapa Salah? Kecelakaan KA Turangga (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnya, KA Turangga yang berisi 264 penumpang dan KA Commuterline yang berisi 191 penumpang tabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Akibat kejadian tersebut, sejumlah penumpang terluka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Petugas gabungan dari Basarnas, kepolisian, dan TNI kembali mengevakuasi seorang korban meninggal dunia dalam kecelakaan. Dengan demikian, total sudah 3 dari total empat korban tewas yang berhasil dievakuasi.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo, menyebut korban meninggal dunia tersebut bernama Andrian yang merupakan Pramugara KA Turangga. Korban ditemukan terhimpit di gerbong ketiga.

"Yang berhasil (dievakuasi) Pramugara Andrian posisinya berada di gerbong ketiga kereta api Turangga. Posisinya ada di antara gerbong," kata dia ketika ditemui.

Usai dievakuasi, jenazah Andrian langsung dilarikan ke RS Sartika Asih untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Ini empat nama petugas yang meninggal dunia

Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal di Bandung, Siapa Salah? Kecelakaan KA Turangga (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sementara itu, menurut Ibrahim, kini petugas masih berupaya untuk mengevakuasi korban tewas lainnya atas nama Enjang Yudi yang merupakan petugas PAM di Stasiun Cimekar. Korban masih terhimpit di antara gerbong kereta.

Berikut identitas korban meninggal dunia dalam tabrakan KA Turangga dan KA Lokal, Jumat pagi.

1. Masinis KA KRD Lokal Padalarang-Cicalengka (Commuter Line Bandung Raya) atas nama Julian Dwi Setiono;

2. Asisten Masinis KA KRD Lokal Padalarang-Cicalengka (Commuter Line Bandung Raya) atas nama Ponisan;

3. Pramugara KA Turangga atas nama Andrian;

4. Petugas PAM di Stasiun Cimekar atas nama Enjang Yudi;

Baca Juga: Fakta Kereta Api Turangga, Kereta Kelas Eksekutif Milik KAI

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya