Sumbangan Dana Bantuan Atasi COVID-19 di Jabar Terus Bertambah

Yuk kita sama-sama galang dana untuk membantu sesama

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) kembali menerima bantuan dana dalam mengatasi penyebaran virus corona (COVID-19). Selasa(31/3), Pemprov Jabar menerima dana CSR sebesar Rp230 juta dari PT Jamkrida Jabar dan 8 BPR milik Pemda di Jawa Barat.

Kepala Biro Investasi dan BUMD Setda Jabar Noneng Komara menuturkan, dana CSR yang disalurkan merupakan bentuk partisipasi sembilan BUMD Lembaga Keuangan milik Pemprov Jabar. Sesuai peruntukkannya, CSR diberikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini membantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menangani pandemi Covid-19 terutama atas dampak kesehatan,dampak ekonomi, dan dampak sosial.

"Kami memang memberikan instruksi khusus pada BUMD agar turut membantu pemerintah menangani pencegahan virus tersebut. Menurutnya sejak mengeluarkan surat instruksi sejumlah BUMD diamanati beberapa hal penting, termasuk penanganan COVID-19," ujar dia.

1. Semua pihak saat ini harus saling membantu

Sumbangan Dana Bantuan Atasi COVID-19 di Jabar Terus Bertambahpexels.com/cottonbro

Noneng menuturkan, di tengah kondisi pandemi seperti ini, pemberantasan penyebaran COVID-19 bukan hanya dilakukan pihak tertentu dalam hal ini pemerintah pusat maupun daerah. Siapapun harus turun tangan membantu baik secara fisik maupun non-fisik dengan bantuan seperti anggaran dan lain sebagainya.

Dengan demikian, diharapkan kebutuhan untuk memberantas virus corona bisa lebih cepat dilakukan sehingga tak banyak orang yang menderita karenanya.

“Semoga dengan adanya kolaborasi dan sinergi seperti ini dapat membantu keberhasilan dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di wilayah Provinsi Jawa Barat, yang saat ini statusnya secara nasional sudah menjadi darurat COVID-19,” katanya.

2. Donasi yang terkumpu di aplikasi PIKOBAR sudah mencapai Rp269 juta

Sumbangan Dana Bantuan Atasi COVID-19 di Jabar Terus BertambahAplikasi Pikobar

Sementara itu, Pemrprov Jabar juga membuka bantuan donasi dari berbagai pihak melalui aplikasi PIKOBAR. Dalam aplikasi ini terdapat fitur donasi di mana siapapun bisa memberikan bantuan.

Sejak aplikasi ini diluncurkan, hingga Selasa (31/3) pukul 16.00 WIB, dana yang terkumpul Rp269.336.528. Jumlah ini masih jauh dari target Pemprov Jabar mencapai Rp10 miliar. Hasil donasi galang dana ini akan digunakan untuk:

1. Membantu Rumah Sakit di Jabar untuk menangani Corona.
2.Membeli Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan plastik, baju dan kacamata pelindung untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Jabar yang menangani Corona.
3. Membantu biaya keseharian tenaga kesehatan Rumah Sakit di Jabar seperti memberikan makanan, logistik, dan transportasi.

3. Dana Rp48 miliar sudah disiapkan

Sumbangan Dana Bantuan Atasi COVID-19 di Jabar Terus BertambahIlustrasi Rupiah (ANTARA FOTO/Rahmad)

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya sudah mencairkan dana sebesar Rp48 miliar dari pergeseran. Ini dilakukan secara cepat agar bisa dibelanjakan untuk sesuatu yang berhubungan dengan keadaan darurat.

"Ini demi kebutuhan dalam penanganan (penyebaran virus corona)," ujar Emil.

Separuh dari anggaran itu dibelanjakan untuk mendapatkan alat tes virus corona dari Korea Selatan. Alat dari negara ini disebut paling cepat dan tangguh dalam pengecekan virus corona baru. Hingga saat ini sedikitnya terdapat 22 ribu alat tes cepat (rapid test) yang sudah disebar ke 27 kabupaten/kota, di mana hasil tes memperlihatkan 300 orang positif terpapar COVID-19.

Baca Juga: Trump Akan Kirim Bantuan Alat Medis ke-3 Negara untuk Atasi COVID-19

Baca Juga: IDN Media Galang Dana di kitabisa.com Bantu Tim Medis Atasi COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya