Sudah Diumumkan, Car Free Day Bandung Ternyata Belum Berizin

Wah jadi pekan ini ada CFD atau enggak ya?

Bandung, IDN Times - Kegiatan car free day (CFD) di Kota Bandung yang rencananya digelar akhir pekan ini, Minggu (6/11/2022), ternyata belum mendapat izin dari kepolisian. Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung menuturkan baru mendapat surat untuk melakukan rapat dari Pemerintah Kota Bandung.

"Tapi saya sebagai Kapolrestabes memberi masukan ini kan masih level 1. Harus dilaksanakan sebaik-baiknya," kata Aswin, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, antisipasi harus dilakukan karena pandemik COVID-19 belum usai. Terlebih sekarang pemerintah tengah mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian baru.

1. Belum tentu beri izin rekomendasi Satgas COVID-19

Sudah Diumumkan, Car Free Day Bandung Ternyata Belum Berizinpexels.com/mufidpwt

Dia menuturkan, selama ini Polrestabes Bandung selalu berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dalam mengimpelemtasikan aturan yang ada termasuk Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagari) di masa pandemik.

Meski demikian, Aswin menegaskan tidak semua rekomendasi dari satgas selalu diamini kepolisian. Semua harus disesuaikan dengan aturan agar tidak ada lonjakan masyarakat di suatu titik.

"Patokannya instruksi Mendagri, tujuannya mengurangi penyebaran (virus COVID-19)," kata dia.

2. Ada tiga tempat yang bisa dijadikan kawasan CFD

Sudah Diumumkan, Car Free Day Bandung Ternyata Belum BerizinBersepeda di Jalan Dago, Bandung (instagram.com/fauzi230391)

Dinas Perhubungan Kota Bandung berencana menggelar kembali kegiatan CFD pada 6 November. Selama pandemik COVID-19 kegiatan CFD ditiadakan untuk menekan angka penyebaran virus.

"Iya ada CFD biar warga Bandung kebahagiaannya meningkat jadi kami kolaborasi dengan Pemkot Bandung, TNI-Polri membuka kembali car free day tanggal 6 November 2022,"  ujar Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara saat dikonfirmasi, Selasa (1/11/2022).

Menurutnya, pelaksanaan car free day digelar di Jalan Dago, Jalan Buah Batu dan car free night di Jalan Asia Afrika. Asep mengatakan pelaksanaan car free day tidak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu tidak bereuforia sebab pandemi COVID-19 masih terjadi di Kota Bandung.

"Kita melaksanakan CFD di tanggal 6 April tahun 2020 terakhir, selama kurun waktu dua tahun tidak melakukan CFD karena COVID-19," katanya.

3. CFD sebenarnya memberikan manfaat pada banyak hal

Sudah Diumumkan, Car Free Day Bandung Ternyata Belum BerizinJalan Dago, Bandung (instagram.com/arumsilviani)

Ia mengaku kegiatan CFD memberikan dampak kepada pengurangan emisi gas  dan menjadi aktivitas menyenangkan untuk masyarakat. Namun, karena satu dan lain hal maka hingga akhir tahun CFD di Bandung kemungkinan tidak akan ada.

Asep menambahkan pelaksanaan CFD sering disalahgunakan oleh masyarakat diantaranya dimanfaatkan untuk berjualan, membawa hewan dan lainnya. Oleh karena itu apabila CFD akan digelar maka pihaknya akan menindak hal tersebut.

"Kadang (CFD) disalahgunakan jualan, bawa hewan dan lainnya, akan diatur," katanya.

Baca Juga: Ganjar-Erick Ikut Jokowi CFD di Solo, Sekjen PDIP: Biasa Saja

Baca Juga: Wisata Dago Pakar Bandung: Informasi Lokasi, Rute, dan Aktivitas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya