Stok Pertalite di Bandung Aman untuk 8 Hari Setiap Kali Pengiriman

Pertamina tegaskan tidak akan SPBU yang kekosongan stok

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung bersama PT Pertamina menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) tersedia selama Ramadan hingga arus mudik 2022, nanti. Hal itu untuk memberikan kepastian kepada masyarakat yang khawatir terjadi kelangkaan BBM khususnya jenis Pertalite.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, per hari ini BBM jenis Perlalite masih bisa dicari masyarakat di setiap stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik Pertamina.

Elly menyebutkan, berdasarkan data dari PT Pertamina, stok Pertalite di Kota Bandung cukup hingga delapan hari ke depan dalam setiap kali pengiriman BBM di SPBU.

"Tadi juga disampaikan bahwa stok (BBM) di Kota Bandung berdasarkan tangki-tangki yang ada di SPBU, itu akan cukup untuk 8 hari kedepan dan sambil suplai pasokan terus berjalan," ujar Elly usai pertemuan di Balaikota Bandung, Jumat (8/4/2022).

1. Stok sempat menipis karena penggunaan meningkat jelang Ramadan

Stok Pertalite di Bandung Aman untuk 8 Hari Setiap Kali PengirimanIDN Times/Debbie Sutrisno

Elly mengakui, pasokan BBM jenis Pertalite di Kota Bandung sempat sulit ditemukan karena sejumlah faktor. Menurut keterangan PT Pertamina, kelangkaan Pertalite pada awal Ramadan lalu diakibatkan dampak naiknya BBM jenis Pertamax dari harga Rp9.000 per liter menjadi Rp12.500 per liter.

"Jadi, banyak pengguna Pertamax beralih ke Pertalite. Kemudian, ada pergerakan masyarakat saat melakukan munggahan jelang Ramadan, lalu. Serta, terhambatnya truk BBM ke SPBU karena terjebak kemacetan saat munggahan. Jadi, pasokan terbatas," ujar Elly.

Persoalan panic buying pun terjadi karena masyarakat mendapat isu bahwa BBM jenis Pertalite akan naik.

"Jadi itu alasan kenapa Pertalite di Kota Bandung sempat langka tepatnya di akhir Minggu kemarin (Maret 2022)," kata Elly.

2. Pertamina jamin tidak ada kelangkaan Pertalite hingga perayaan Idul Fitri

Stok Pertalite di Bandung Aman untuk 8 Hari Setiap Kali PengirimanANTARA FOTO/Reno Esnir

Mengenai persiapan mudik Lebaran, Elly menyebut bahwa Pertamina akan menjamin pasokan BBM terutama Pertalite hingga libur panjang pascalebaran.

"Pertamina juga akan menjamin bahwa Pertalite di Kota Bandung pada saat Ramadan ini dan juga nanti saat libur panjang karena ada cuti 10 hari setelah lebaran, bahwa stok Pertalite dan BBM lainnya itu akan dalam kondisi aman dan tersedia di kota Bandung," tuturnya.

3. Ada peralihan penggunaan Pertamax ke Pertalite

Stok Pertalite di Bandung Aman untuk 8 Hari Setiap Kali PengirimanIlustrasi SPBU, Pertamax, Pertalite (IDN Times/Shemi)

Disdagin sebelumnya sudah melakukan pengecekan ke sejumlah SPBU dan pengguna kendaraan. Dari wawancara yang dilakukan ada pengendara yang memang beralih dari penggunaan Pertamax untuk kendaraannya, menjadi Pertalite.

Peralihan ini dikarenakan kenaikan harga BBM jenis Pertamx dianggap terlalu mahal. Harganya yang jauh berbeda dibandingkan Pertalite membuat pengendaran memillih bensin yang lebih murah.

"Jadi memang ada pergeseran penggunaan BBM. Kenaikan Rp3.500 per liter ini dianggap lumayan mahal sehingga mereka pilih pakai Pertalite saja," kata Elly.

Baca Juga: Masyarakat Pilih Antre Beli Pertalite karena Pertamax Kemahalan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya