Siswa-Guru Terpapar COVID, Pemkot Bandung Tetap Izinkan PTM di Sekolah

Sudah ada 14 orang yang terpapar saat tes acak PCR

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung memastikan belum ada sekolah yang ditutup di masa pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) meski terdeteksi 14 orang baik siswa dan guru terpapar virus corona (COVID-19).

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, dirinya ikut prihatin dengan adanya yang terpapar virus corona ketika mengikuti PTMT. Meski demikian, kasus ini tidak serta merta mengharuskan sekolah menutup sementara PTM.

"Berdasarkan regulasi yang ada dilihat dan baca di beritakan itu 14 dari sekian banyak sekolah. Nah, kalau sampelnya hanya di bawah satu persen terpapar itu hanya tracing dan treatment saja," ujar Yana, Rabu (20/10/2021).

1. PTM dihentikan jika jumlah kasus lebih dari 5 persen di sekolah

Siswa-Guru Terpapar COVID, Pemkot Bandung Tetap Izinkan PTM di SekolahForpimda Jombang pantau PTM di SMA 3. IDN Times/Zainul Arifin

Menurutnya, sesuai regulasi sekolah yang menggelar PTMT bisa ditutup ketika ada lima persen siswa atau pengajar di lembaga pendidikan tersebut yang terpapar virus corona. Artinya, ketika hanya satu atau dua orang saja dalam satu sekolah yang terpapar, tidak langsung tempat belajar itu ditutup sementara.

"Kalau di atas lima persen baru kita tutup," ungkap Yana.

2. FAGI minta PTMT di Bandung dihentikan sementara

Siswa-Guru Terpapar COVID, Pemkot Bandung Tetap Izinkan PTM di SekolahSejumlah siswa SMPN 1 Mejayan, Kabupaten Madiun usai mengikuti PTM terbatas, Jumat (10/9/2021). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan mengatakan, alinasi pendidikan dan keselamatan anak (PKA) sebenarnya sudah melayangkan somasi ke Presiden Joko Widodo. Somasi itu berisi ermintaan agar PTMT tidak dilakukan dulu demi meminimalisir siswa atau tenaga pendidikan terpapar virus corona

"Dan jika dalam PTM ini ada siswa atau gruru yang terpapa maka kami mendesak pemerintah daerah menghentikan sementara (PTM)," ujar Iwan ketika dihubungi IDN Times, Selasa (19/10/2021).

3. Jangan sampai aktiviats sekolah jadi klaster penyebaran virus

Siswa-Guru Terpapar COVID, Pemkot Bandung Tetap Izinkan PTM di SekolahTes acak siswa yang ikuti PTMT di Kota Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Penghentian PTMT bisa dilakukan dalam kurun waktu 14 hari. Sembari menunggu sekolah kembali dibuka, dinas kesehatan harus melakukan pengecekan dan pengetesan kembali kepada siswa atau guru. Selain itu harus dilacak dari mana mereka terpapar virus tersebut.

Iwan sangat berharap Dinkes dan Disdik bisa bergerak cepat mengantasi temuan ini. Jangan sampai sekolah yang jadi tempat belajar justru menjadi ruang penyebaran virus corona.

"Kalau sekolah tetap berlangsung takutnya ada siswa atau guru yang sudah terpapar dan jadi OTG (orang tanpa gejala). Kita khawatir virus itu sudah menyebar dan bisa menular kepada keluarga yang ikut PTM," ujar Iwan.

Baca Juga: Ikut PTM Terbatas, 14 Siswa di Bandung Positif COVID-19

Baca Juga: 14 Siswa Positif COVID-19 saat PTM, FAGI Imbau Sekolah Dihentikan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya