Siapkan Pakaian Hangat, Bandung Akan Dilanda Suhu Dingin hingga 16 C°

Puncak suhu dingin akan terjadi pada Agustus dan September

Bandung, IDN Times - Beberapa hari terakhir masyarakat Kota Bandung merasakan hawa dingin yang amat menusuk. Khususnya pada malam hari, suhu ini bisa berada hingga di bawah 20 derajat celcius.

Terkait kondisi ini, Peneliti Cuaca dan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofikasi (BMKG) Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin mengatakan, suhu dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung raya dan secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau.

Di Jawa Barat, periode musim kemarau datang pada Juni. Musim ini terlebih dahulu masuk di beberapa daerah kawasan pantai utara. "Dan kemudian kondisi ini menyebar ke daerah lain khususnya kawasan selatan Jawa Barat," ujar Muhammad melalui siaran pers, Selasa (16/7).

1. Suhu dingin di Selatan Indonesia datang dari Benua Australia

Siapkan Pakaian Hangat, Bandung Akan Dilanda Suhu Dingin hingga 16 C°Pexels/pixabay

Muhammad menjelaskan, pada musim kemarau angin yang bertiup melewati Jawa Barat merupakan angin pasat tenggara atau angin timuran yang berasal dari Benua Australia. Pada musim kemarau di Indonesia, di Benua Australia saat ini tengah mengalami puncak musim dingin, sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan.

Suhu dingin ini, lanjut Muhammad, juga dipengaruhi masih adanya kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5 kilometer (km) di atas permukaan laut relatif lembab sehingga pada sore hari masih terlihat adanya pembentukan awan. Akan tetapi, pada ketinggian 3 km di atas permukaan laut yang relatif kering sehingga potensi awan yang terbentuk untuk terjadi hujan relatif kecil.

"Dampaknya kondisi kelembapan pada malam hingga pagi hari menambah kondisi suhu udara menjadi dingin," kata dia.

2. Puncak kemarau dan suhu dingin terjadi hingga September

Siapkan Pakaian Hangat, Bandung Akan Dilanda Suhu Dingin hingga 16 C°infocuriosity.com

Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung tercatat selama Juli 2019 ini, suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celcius pada tanggal 12 Juli 2019. Sedangkan di lokasi dengan elevasi yang semakin tinggi seperti di pos observai geofisika Lembang (1241 meter) tercatat 13,0 derajat Celcius pada tanggal 16 Juli 2019.

Puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus-September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. Dengan karakteriatik cuaca seperti ini dihimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit

"Salah satu di antaranya, saat bepergian ke luar rumah selalu mengenakan baju hangat atau jaket dan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran," ujarnya.

3. BMKG imbau warga waspadai potensi kebakaran akibat gesekan rumput dan ranting pohon

Siapkan Pakaian Hangat, Bandung Akan Dilanda Suhu Dingin hingga 16 C°Dok.IDN Times/Istimewa

BMKG mengimbau kepada masyarakat di dataran rendah untuk mewaspadai kemarau yang muncul tahun ini. Dengan kondisi cuaca panas dan kelembapan yang rendah, membuat penguapan udara bertambah tinggi. Sehingga mengakibatkan banyak material di permukaan bumi mengering.

BMKG mencatat indeks kebakaran hutan 2019 di daerah Jawa  tergolong tinggi. Potensi kebakaran bisa terjadi karena gesekan alang-alang, rerumputan maupun ranting pohon yang mengering.

Baca Juga: Selain Dingin, Bali Dilanda Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

Baca Juga: Jokowi: Puncak Kemarau Terjadi Pada Agustus dan September

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya