Siap-siap, Uji Coba Ganjil Genap Kendaraan Berlaku di Kota Bandung

Percobaan aturan akan dilakukan sore ini

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung bakal melakukan uji coba pemberlakukan ganjil genap untuk kendaraan bermotor di beberapa ruas jalan. Dikutip dari akun Instagram @tmcpolrestabesbandung ada empat ruas jalan yang memberlakukan ini.

Pertama ada di Jalan IR H Djuanda menuju Jalan Cikapayang. Kedua Jalan IR H Djuanda menuju kawasan Simpang Dago.

Ketika, dari jalan Tamblong menuju jalan Asia Afrika. Terakhir jalan Asia Afrika menuju jalan Otto Iskandardinata.

Pemberlakukan aturan ganjil genap tidak dilakukan 24 jam melainkan pada pagi pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB, dan sore hari pada pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

1. Penerapan ini juga berlaku di Kabupaten Bandung

Siap-siap, Uji Coba Ganjil Genap Kendaraan Berlaku di Kota BandungIDN Times/Aris Darussalam

Sebelumnya, di Kabupaten Bandung Polresta telah memberlakukan sistem ganjil genap di sepanjang Jalan Alfathu, Jalan Akses Tol Soroja, dan Jalan Kopo - Soreang, yang merupakan akses jalan pusat menuju kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Rislam Harfia mengatakan bahwa pemberlakuan sistem ini akan mulai diterapkan besok, Rabu (12/8/2021), hingga Minggu (16/4/2021).

"Pemberlakuaannya besok, langsung melaksanakan di ruas jalan tiga titik itu. Terkait dengan pelaksanaan itu sudah diatur jamnya, mulai jam 07.00-09.00 WIB, dan sore jam 16.00-18.00 WIB. Mudah -mudahan besok bisa langsung dilaksanakan," ujar Rislam, kepada wartawan saat sosialisasi sitem ganjil genap di Gerbang Tol Soroja, Kabupaten Bandung, Rabu (11/8/2021).

2. Mobilitas warga diharap menurun dengan aturan ini

Siap-siap, Uji Coba Ganjil Genap Kendaraan Berlaku di Kota BandungPembery Ganjil Genap di Kota Bogor (dok Humas Pemkot Bogor)

Rislam pun mangatakan, aparat sudah melakukan sosialisasi pada pengguna jalan sebelum penerapan ganjil genap tersebut benar-benar dilakukan.

"Diberlakukannya hari ini, tapi sebagai tahap sosialisasi. Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Bandung dan luar Kabupaten Bandung bisa menerima," ujar Rislam.

Selain itu, Rislam pun mengatakan pemberlakuan sitem ganjil genap ini pertama kali dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bandung. Tujuannya tak lain untuk mengatur mobilitas warga, dan menekaan angka penyebaran kasus COVID-19.

"Ini khusus diberlakukan pertama di Kabupaten Bandung. Tentunya tujuannya tetap untuk menekan angka penyebaran COVID-19, juga mengendalikan mobilitas di ruas jalan tertentu. Ya, karena ini pertama mudah-mudahan bisa sukses," tutur Rislam.

3. Cirebon juga lakukan hal serupa

Siap-siap, Uji Coba Ganjil Genap Kendaraan Berlaku di Kota BandungIDN Times/Aris Darussalam

Pemerintah Kota Cirebon bakal memberlakukan kebijakan pembatasan lalu lintas ganjil-genap. Upaya itu dilakukan untuk menggantikan sistem penyekatan ruas jalan protokol selama pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, penyekatan lalu lintas kendaraan akan dibuka ketika sistem ganjil-genap sudah diberlakukan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aktivitas kerumunan terjadi di Kota Cirebon.

"Rencananya penyekatan di delapan ruas jalan protokol akan dibuka ketika ganjil-genap mulai diterapkan di Kota Cirebon," ujar Andi melalui keterangan persnya, Kamis (12/8/2021).

Andi menjelaskan, menjelang pemberlakuan lalu lintas ganjil-genap, titik penyekatan di ruas jalan protokol mulai dibuka. Dari 12 akses jalan yang ditutup, delapan di antaranya sudah dibuka.

Delapan jalur protokol itu adalah Jalan Kartini, Siliwangi, Tuparev, Karanggetas, Pemuda dan Jalan Pasuketan. Andi mengutarakan, setiap akses masuk jalan tersebut akan dijaga oleh petugas gabungan.

“Nantinya, masing-masing pos masuk itu akan ada petugas gabungan dari Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri,” ujarnya.

Baca Juga: Daftar Kendaraan yang Tidak Kena Ganjil Genap, Ambulans hingga Pejabat

Baca Juga: Langgar Ganjil Genap, Anggota DPRD DKI dari PSI Ini Malah Tegur Polisi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya