Serambi Berkah Ramadan BSM-ITB Targetkan 5 Ribu Pengunjung Setiap Hari

Ada bazar buku dari 30 penerbit

Bandung, IDN Times - Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Badan Wakaf Salman (BWS) Institut Teknologi Bandung (ITB) menargetkan 5 ribu pengunjung tiap harinya dalam kegiatan Serambi Berkah Ramadan dan Bazar Buku Islami, di kompleks Masjid Salman ITB.

Acara yang diusung sebagai pariwisata halal tersebut akan berlangsung selama 8 hari, sejak Minggu (8/5) hingga kembali bertemu Minggu (12/5).

Direktur BWS ITB, Muhammad Khirzan Nazar Noe'man, mengatakan, penyelenggaraan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Masjid Salman ITB untuk berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat Bandung akan pengetahuan Islam. Serta, menumbuhkan kembali minat baca masyarakat.

Dalam acara ini akan ada berbagai kegiatan di antaranya, bedah buku, pengecekan kesehatan, children care, test drive, tausyiah, lelang amal, kreativitas untuk anak kecil, bazar buku dan makanan, serta Bandung Clean Action.

Akan ada juga ceramah inspratif tokoh nasional, workshop kepenulisan, pelatihan tahfidz Al-Qur’an, tarawih bersama qori’ dan pembina Imam Muda Salman, dan berbagai acara menarik lainnya.

"Kami menargetkan perharinya jumlah pengunjung yang datang ke event ini mencapai 5 ribu orang," ujar Khirzan kepada wartawan dalam konferensi pers, Minggu (5/5).

1. Harga buku yang ditawarkan lebih murah

Serambi Berkah Ramadan BSM-ITB Targetkan 5 Ribu Pengunjung Setiap HariIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk menarik minat masyarakat sekitar membeli dan membaca buku berbagai gendre, BWS ITB mengadakan book fair yang diikuti 30 penerbit, seperti dari Gramedia, Erlangga, Tiga Serangkai, Mizan, dan Irsyad Baitus Salam. Buku yang dijual di sini bahkan akan mendapat potongan harga mencapai 70 persen.

Salah satu pengunjung book fair, Indriati, mengatakan, kegiatan Serambi Berkah maupun penjualan buku ini sangat baik untuk masyarakat sekitar khususnya para mahasiswa ITB yang kerap datang ke Salman. Dengan adanya acara ini maka jamaah yang datang bisa mendapatkan banyak hal positif termasuk membeli buku.

"Ya kalau bisa diperbanyak macam bukunya agar lebih menarik jamaah," kata dia.

2. Bantuan wakaf untuk empat masjid

Serambi Berkah Ramadan BSM-ITB Targetkan 5 Ribu Pengunjung Setiap Hariantarafoto

Untuk meramaikan bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, BWS ITB melalui even ini pun menggalang dana untuk berbagai program Wakaf yang ditawarkan, salah satunya Program Wakaf Masjid 4 in 1, yaitu merupakan program khusus yang dibuat sekali berwakaf untuk 4 masjid, yaitu pembangunan Masjid Syekh ‘Ajlin di Palestina (Kerja sama dengan Aman Palestin Indonesia), Masjid Lautze dan sarana dan prasarana Masjid Salman di Bandung, serta Masjid Salman Rasyidi di Kabupaten Bandung.

BWS ITB memfasilitasi masyarakat yang ingin beramal jariyah dengan menyediakan beberapa titik booth wakaf yang tersebar di area Masjid Salman ITB. Bahkan, dengan adanya penandatanganan kerja sama antara YPM Salman ITB dengan Bank Syariah Mandiri BSM, maka masyarakat bisa memanfaatkan kemudahan bertransaksi seperti pembayaran Zakat, Infak, dan Wakaf melalui rekening YPM Salman ITB di Bank Syariah Mandiri.

Region Head Mandiri Syariah untuk Jawa Barat Jefry Prayana mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, masyarakat dapat melakukan transaksi dana wakaf, zakat, sedekah dan dana-dana kebajikan lainnya melalui rekening YPM Salman ITB di BSM (Mandiri Syariah).

Jefry Prayana mengatakan, BSM sendiri, sangat fokus pada pengelolaan manajemen masjid secara profesional dan peningkatan fungsi masjid. “Keberadaan masjid di tengah masyarakat memiliki makna strategis untuk meningkatkan spiritual, pendidikan dan sosial ekonomi masyarakat,” katanya.

Pada tahun lalu, kata dia, BSM mengadakan Pelatihan Pengelolaan Manajemen Masjid. Saat ini telah ada masjid yang mulai menerapkan sistem pengelolaan secara profesional. "Contohnya Masjid Salman ITB ini” kata Jefry.

3. Menjadi ajang silaturahmi

Serambi Berkah Ramadan BSM-ITB Targetkan 5 Ribu Pengunjung Setiap HariIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Jefry Prayana menambahkan, acara Serambi Berkah Ramadhan juga akan dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi sekaligus momen untuk mengenalkan produk dan layanan Mandiri Syariah kepada masyarakat.

Dengan target pengunjung sebanyak lima ribu orang per hari, kata dia, Mandiri Syariah berharap event ini menjadi akses bagi masyarakat untuk mengenal dan menggunakan produk dan layanan Mandiri Syariah.

“Insya Allah kami optimis, produk dan layanan Mandiri Syariah dapat menjadi solusi bagi kebutuhan perbankan baik untuk manajemen masjid maupun masyarakat umum," katanya.

Jefry Prayana pun berharap, akan semakin banyak masjid ataupun masyarakat yang ingin berperan aktif menciptakan manajemen dan operasional masjid. Sehingga menjadi pusat kegiatan masyarakat dan berdaya guna menuju umat yang lebih sejahtera.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya