Sepi Pengerjaan, Walkot Bandung: Rumah Deret Tamansari Rampung 2024

Ada lelang proyek yang harus dilakukan Pemkot 

Bandung, IDN Times - Proyek pengerjaan rumah deret (rudet) Tamansari di Kota Bandung masih belum rampung juga. Padahal rencana untuk menyelesaikan pengerjaan ini sudah sejak 2023.

Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, belum adanya pengerjaan setiap hari di rudet Tamansari dikarenakan ada berbagai proses yang harus diselesaikan lebih dulu, salah satunya adalah proses lelang. Ketika proses lelang pengerjaan itu selesai maka akan ada lagi pekerja yang menyelesaikan proyek.

"Dan itu yang harus ditempuh, enggak bisa serta merta langsung menunjuk (perusahaan mengerjakan rudet)," ujar Bambang, Selasa (25/6/2024).

1. Yakin tak akan molor sampai 2025

Sepi Pengerjaan, Walkot Bandung: Rumah Deret Tamansari  Rampung 2024Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. IDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan kemungkinan proyek ini molor hingga 2025, Bambang menepisnya. Dia menyebut bahwa Pemkot Bandung tetap berupaya agar seluruh pengerjaan rumah ini bisa rampung tahun ini.

"Kita harus optimis, harus yakin," kata dia.

Untuk detail pengerjaan yang belum selesai, Bambang belum bisa menyampaikannya karena semua itu ada di ranah dinas.

2. Ada sejumlah unit yang sebenarnya sudah bisa dihuni

Sepi Pengerjaan, Walkot Bandung: Rumah Deret Tamansari  Rampung 2024IDN Times/Debbie Sutrisno

Rumah Deret Tamansari Kota Bandung yang berdiri di dekat jembatan Mochtar Kusumaatmadja (Pasupati) dipastikan tidak bisa dihuni tahun lalu walaupun sudah direncanakan. Pengerjaan tahap empat pada tower A dan C masih dibangun dan diperkirakan baru selesai akhir tahun ini.

"Sekarang sedang berproses tahap 4, diharapkan selesai bulan Desember ini," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Bandung Rizki Kusrulyadi saat dihubungi wartawan, beberap waktu lalu.

Rizky mengungkapkan, proses tahap 4 pada Rumah Deret Tamansari berupa pengerjaan Lanskap dan Headskap. Dia belum dapat memastikan kapan Rumah Deret Tamansari tersebut akan diresmikan oleh Pemkot Bandung. Yang pasti, usai pengerjaan tahap 4 ada proses pemeliharaan yang juga memerlukan waktu hingga dapat dihuni secara layak.

"Peresmian itu gini, proses pembangunan selesai ada masa pemeliharaan. Intinya diresmikan itu pada saat kondisinya sudah siap, warga siap menghuni, seperti itu," tegasnya.

Menurutnya, beberapa warga sudah bisa menempati rumah deret ini karena ada yang selesai dibangun. Namun akses mereka agak susah ketika ingin masuk dikarenakan pembangunan tahap empat.

3. Total ada 400 hunian bagi masyarakat

Sepi Pengerjaan, Walkot Bandung: Rumah Deret Tamansari  Rampung 2024IDN Times/Debbie Sutrisno

Diketahui, Pemkot Bandung membangun Rumah Deret Tamansari yang dengan kapasitas hunian hingga 400 unit. Bangunan Rumah Deret Tamansari terdiri dari blok A, B, C, dan D. Saat ini, proses pembangunan baru berlangsung di blok A dan C dengan kapasitas hunian 191 unit.

Pemkot Bandung menyebut blok A dan C dapat dihuni oleh warga Tamansari yang terdampak pembangunan pada tahun 2023. Namun, hal itu dipastikan tidak dapat terealisasi mengingat proses tahap 4 baru akan selesai bulan Desember 2023.

Setidaknya ada 187 Kepala Keluarga (KK) yang diproyeksikan menghuni Rumah Deret Tamansari di blok A dan C.

Baca Juga: Potret Rumah Deret Tamansari Bandung, Mungkinkan Ditempati Akhir 2024?

Baca Juga: DPKP3: Proyek Tahap I Rudet Tamansari Ditarget Selesai Februari 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya