Seorang Ibu Hampir Pingsan Usai Antre 2,5 Jam Demi Beli Beras Murah 

Pemkot Bandung gelar pasar murah di 30 kecamatan

Bandung, IDN Times - Seorang ibu mengalami kelelahan setelah mengantre lebih dari 2,5 jam untuk membeli beras dalam program Pasar Murah di Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Senin (19/2/2024).

Setelah menukarkan kupon dan mendapatkan beras dari petugas, ibu tersebut langsung terjatuh. Beruntung dia datang bersama dua teman yang langsung membantunya.

Sempat tak sadarkan diri, ibu tersebut langsung dibawa petugas medis untuk dirawat di tempat tidur pasien yang sudah disiapkan sejak pagi hari. Petugas pun langsung memberikan suplai oksigen kepada ibu tersebut. Sekitar 15 menit mendapatkan oksigen, ibu itu kembali siuman dan bisa diajak berbicara oleh petugas.

1. Lelah sehingga tensi darah meningkat

Seorang Ibu Hampir Pingsan Usai Antre 2,5 Jam Demi Beli Beras Murah IDN Times/Debbie Sutrisno

Petugas Puskesmas Margahayu Raya, Dadi menuturkan bahwa ibu yang hampir pingsan itu mengalami pusing karena tensi darah tinggi, Penyebabnya bisa dikarenakan harus berdiri lama di bawah terik matahari.

"Tensinya capai 180, setelah di oksigen turun 150. Sekarang saturasinya sudah bagus, aman," kata Dadi.

2. Cuaca panas ketika antrean beras berlangsung

Seorang Ibu Hampir Pingsan Usai Antre 2,5 Jam Demi Beli Beras Murah IDN Times/Debbie Sutrisno

Rohaeti, salah satu warga yang ikut mengatre menuturkan bahwa dia dan ratusan ibu-ibu lainnya harus rela berdiri lebih dari dua jam untuk membeli beras yang harganya Rp53 ribu per lima kilogram (kg). Karena kepanasan dan berdesakan tidak sedikit warga yang keluar terlebih dulu dari antrean agar tidak kelelahan.

"Tadi ibu yang ini juga sempat keluar jalur karena capek. Terus masuk lagi, nah pas udah ambil beras langsung jatuh," kata dia.

3 Sesalkan hanya dapat beras 5 kg

Seorang Ibu Hampir Pingsan Usai Antre 2,5 Jam Demi Beli Beras Murah IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Nurohmah, warga lainnya yang juga ikut mengantre untuk membeli beras menyayangkan hanya bisa mendapatkan satu karung beras berukuran 5 kg saja. Padahal informasi yang didapatnya dia bisa mendapatkan dua karung atau 10 kg.

"Kirain bisa dua karung, padahal udah antre saya tiga jam di sini," kata Nurohmah.

Selain membeli beras, dia pun membeli minyak, gula, dan kebutuhan pokok lainnya yang harganya jauh lebih murah.

"Sekarang pada naik (kebutuhan pokok). Beras aja yang premium bisa Rp18 kilogram paling murah. Kalau beras yang biasa ma masih ada Rp16 ribu juga," kata dia.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Kompak Naik, dari Beras sampai Minyak Goreng

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya