Semua Peserta Lolos Usai Angka 8 Dihilangkan di Ujian Praktik SIM C

36 peserta di Bandung sudah merasakan sistem baru ini

Bandung, IDN Times - Kepolisian telah menghilangkan angka delapan (8) dalam praktik ujian surat izin mengemudi sepeda motor (SIM C). Penghilangan materi ujian tersebut dikarenakan banyak peserta yang gagal dan membuat masyarakat menilai praktik tersebut sulit dilakukan banyak pengguna motor.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar mengatakan, perubahan praktik ujian pun sudah dilakukan di tempatnya. Aturan ini sesuai dengan Keputusan (KEP) Kakorlantas Polri nomor: Kep/105/VIII/2023, di mana kepolisian ingin memberikan kemudahan kepada para pemohon SIM C yang ingin melakukan ujian praktik.

"Untuk lebar lintasan juga sekarang sudah menjadi dua meter, lebih lebar dari yang sebelumnya," kata Eko, Senin (7/8/2023).

1. Ada empat kompetensi yang harus dilalui

Semua Peserta Lolos Usai Angka 8 Dihilangkan di Ujian Praktik SIM CDebbie Sutrisno/IDN Times

Dalam ujian praktik kali ini pemohon harus melalui empat kompetensi. Pertama, terkait dengan pengereman dan keseimbangan, di mana pengendara harus bisa menjaga keseimbangan ketika mengerem kendaraannya.

Kedua, putaran balik seperti huruf U. Saat berputar pengedara sepeda motor dilarang untuk melakukan pengereman dan harus tetap mencanap gas. Ketiga, pemohon harus bisa melewati tikungan kombinasi seperti huruf S menikung ke kanan dan ke kiri.

"Ini menggantikan angka delapan yang bias menjadi momok termasuk zigzag," kata dia.

Keempat, ada kompetensi pengereman berbelok tanpa berhenti dan langsung belok ke arah akan atau kiri. Ini semua harus bisa dilewati jika pemohon ingin lulus ujian praktik SIM.

2. Diberikan kesempatan kedua jika gagal

Semua Peserta Lolos Usai Angka 8 Dihilangkan di Ujian Praktik SIM CDebbie Sutrisno/IDN Times

Eko menyebut, pemohon SIM yang gagal bisa mendapatkan kesempatan kedua ketika gagal pada kesempatan pertama. Seharusnya kesempatan itu diberikan di jeda waktu selama 14 hari, tapi dalam pelaksanaannya mereka bisa langsung mendapatkan kesempatan tersebut di hari yang sama.

Agar para pemohon tidak gagal ketika ujian praktik, para petugas dari Satlantas Polrestabes Bandung akan memberikan pelatihan lebih dulu sesaat sebelum para peserta ikut tes.

Petugas pun akan melihat kempetensi para pemohon ketika melakukan ujian praktik. Karena pada saat ujian ada pemohon yang sebenarnya sudah andal mengendarai sepeda motor, tapi gagal ketika praktik.

"Kalau memang terlihat tidak bisa mengendari roda dua akan terlihat sekali. Nah di situ kita akan lakukan pembinaan khusus," kata dia.

3. Sudah ada 36 pemohon yang lulus

Semua Peserta Lolos Usai Angka 8 Dihilangkan di Ujian Praktik SIM CDebbie Sutrisno/IDN Times

Per hari ini, lanjut Eko, sudah ada 36 pemohon yang melakukan ujian praktik SIM dan semuanya lulus. Bahkan tadi pagi pengetesan disaksikan langsung oleh Kapolda Jabar dan Kapolrestabes Bandung.

Setiap harinya tidak ada batasan berapa jumlah pemohon, tapi tetap disesuaikan dengan mekanisme yang ada tanpa pengurangi kompetensi para pengemudi.

Baca Juga: SIM C: Syarat, Cara Membuat SIM C dan Biaya Pembuatan SIM C

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya