Sempat Jadi Kampung Narkoba, Warga Andir Giatkan Sikap Antinarkoba

Polisi berikan wawasan bahaya penggunaan barang haram itu

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung terus berupaya meminimalisir penyebaran narkoba. Salah satu caranya dengan mengiatkan sikap antinarkoba di kawasan yang dianggap rawan peredaran barang haram tersebut.

Di Bandung, salah satu kawasan yang sempat dikenal sebagai kampung narkoba ada di Kecamatan Andir. Penyematan ini disampaikan Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 20019.

Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polrestabes Bandung pun gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi di kampung tersebut, tepatnya di Kebun Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Sosialisasi tersebut tentang pencegahan peredaran narkoba dan warga diberi pelatihan kemampuan program Lembur Cepot Juara (Cepat Efektif Proaktif Tanpa Pamrih).

1. Warga diharap bantu polisi cegah peredaran narkoba

Sempat Jadi Kampung Narkoba, Warga Andir Giatkan Sikap Antinarkobailustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasat Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Fauzan Syahrir mengatakan, sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap bahaya narkoba. Warga juga diharapkan dapat membantu kepolisian untuk mencegah adanya peredaran narkoba di wilayahnya.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa tercipta kolaborasi stakeholder dengan kekuatan komponen masyarakat dapat mewujudkan situasi aman dan kondusif,” kata Fauzan dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

2. Pengentasan narkoba harus ada peran aktif dari masyarakat

Sempat Jadi Kampung Narkoba, Warga Andir Giatkan Sikap AntinarkobaDokumen IDN Times

Fauzan menambahkan, pihak kepolisian, TNI, maupun instansi terus berupaya untuk memberantas narkoba di setiap wilayah Kota Bandung. Namun, tindakan pencegahan tersebut juga perlu peran aktif dari masyarakat.

“Kami juga meminta kepada pelaksana kegiatan yakni relawan atau duta kampung bebas narkoba, untuk berperan aktif sehingga menjadi kampung bebas narkoba Lembur Cepot Juara di Kota Bandung,” ujarnya.

3. Laporkan jika menemukan adanya transaksi narkoba di sekitar rumah

Sempat Jadi Kampung Narkoba, Warga Andir Giatkan Sikap AntinarkobaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ia menjelaskan, program Lembur Cepot Juara juga merupakan bagian dari P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika). Fauzan juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat segera melaporkan kepada kepolisian jika menemukan adanya peredaran narkoba.

“Apabila ditemukan tindak penyalahgunaan narkoba di wilayah tersebut dapat langsung menghubungi Posko Lembur Cepot Juara atau bisa menghubungi Call Center Polri 110 dan Kang Busar 0821-3020-1996,” ucapnya.

Baca Juga: Jabat Direktur Reserse Narkoba, Kombes Hengki: Jakarta Harus Bebas Narkoba

Baca Juga: 10 Kartel Narkoba Terkaya Sepanjang Sejarah, Hartanya Triliunan!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya