Comscore Tracker

Sempat Berhenti karena Banjir, Kereta Api Jurusan Jakarta Jalan Lagi

Penumpang diminta tetap patuhi aturan dan protokol kesehatan

Bandung, IDN Times - Kereta api menuju Jakarta saat ini sudah bisa beroperasi. Pihak PT KAI teleh menyelesaikan perbaikan rel di jalur hilir antara Stasiun Kedunggedeh menuju Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, jalur ini tidak dapat dilewati karena tergerus oleh banjir.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api dari Daop 2 Bandung ke Jakarta dan sebaliknya sudah dapat dioperasikan kembali mulai siang hari ini," ujar Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo melalui siaran pers, Selasa (23/2/2021).

1. Perbaikan pondasi rel masih terus dilakukan

Sempat Berhenti karena Banjir, Kereta Api Jurusan Jakarta Jalan LagiIDN Times/Istimewa

Kereta Apil (KA) pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. Demi pertimbangan keselamatan, untuk sementara waktu KA yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya yakni maksimal 10 km/jam, dan secara bertahap akan semakin ditingkatkan.

Kuswardoyo menjelaskan, petugas KAI telah melakukan berbagai langkah dan upaya bekerja secara terus menerus 24 jam untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 2 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir tersebut" ujar Kuswardoyo.

2. Pengoperasioan double track juga dioptimalkan

Sempat Berhenti karena Banjir, Kereta Api Jurusan Jakarta Jalan LagiSuasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Dalam waktu dekat, KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double track sehingga dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk ikut memastikan proses pengerjaannya.

"KAI juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan, juga Pemerintah daerah setempat yang telah memberikan dukungan dan membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," tutup Kuswardoyo.

3. Penumpang Stasiun Bandung wajib lakukan tes GeNose C19

Sempat Berhenti karena Banjir, Kereta Api Jurusan Jakarta Jalan LagiIDN Times/Istimewa

Sebelumnya, PT KAI kembali memberlakukan pengetesan menggunakan alat GeNose C19 kepada calon penumpang kereta api dari Stasiun Bandung per hari ini. Pengetesan memakai alat ini menjadi alternatif untuk calon penumpang yang ingin bepergian jarak jauh dari Bandung.

Manajer Humas PT KAI Dop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, pelaksanaan pengetesan menggunakan GeNose C19 dimulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB.

"Jadi, untuk semua pengguna jasa kereta Api yang hendak menggunakan layanan GeNose ini jelas yang pertama harus memiliki tiket dan kode booking yang sudah terbayar lunas. Mereka diharuskan tidak makan dan minum selama 30 menit sebelum melakukan tes," ujar Kuswardoyo, Senin (15/1/2021).

Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya