Selain ITB, Ini Sejumlah Kampus di Bandung Kerja Sama Pinjol Danacita

Mahasiswa enggan pinjam ke aplikasi ini

Bandung, IDN Times - Aplikasi pinjaman online (pinjol) Danacita ramai dibicarakan setelah ratusan mahasiswa Insititut Teknologi Bandung (ITB) melakukan demontrasi karena enggan meminjam uang ke aplikasi ini ketika tidak bisa membayar uang kuliah tunggal (UKT). Mereka menilai pinjaman ke aplikasi tersebut bunganya terlalu tinggi untuk mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan.

Mengutip laman resmi Danacita, perusahaan ini telah dipakai 27.440 pengguna dan bermitra dengan 148 mitra di dunia pendidikan. Adapun total dana pendidikan yang telah disalurkan mencapai Rp375.996.260.883. 

Sementara untuk sektor perkuliahan, setidaknya ada 43 kampus yang ikut bekerja sama. Di Kota Bandung, selain ITB ada beberapa kampus seperti Universitas Islam Bandung, Unikom, Universitas Islam Nusantara, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, dan Akademi Pariwisata National Hotel Institute Bandung.

1. FKG Unpad klaim sudah tak gabung Danacita

Selain ITB, Ini Sejumlah Kampus di Bandung Kerja Sama Pinjol Danacitailustrasi seseorang yang melakukan pembayaran setelah melakukan pemesanan tiket (pixabay.com/www.rupixen.com)

Terkait kerja sama dengan Unpad, Wakil Dekan 2 FKG Unpad, Dr. Endang, menjelaskan pihaknya menjalin kerja sama dengan Danacita pada tahun 2021 lalu atau ketika pandemi sedang merebak. Ketika itu, sejumlah orang tua mahasiswa di FKG Unpad banyak yang mengajukan keringanan pembayaran UKT ke pihak kampus.

Unpad kemudian melakukan verifikasi terhadap orang tua mahasiswa yang mengajukan keringanan itu. Hasilnya, diperoleh data mahasiswa yang terverifikasi tak dapat membayar UKT dan mahasiswa yang masih mampu membayar UKT.

"Setelah diverifikasi kemudian dikelompokkan, ini mana yang betul-betul terdampak dan tidak bisa melakukan pembayaran UKT, ini tentu yang seperti ini dibebaskan pembayarannya selama satu semester dan sebagainya," kata dia melalui sambungan telepon pada Senin (29/1/2024).

Untuk mahasiswa yang tak mampu membayar UKT, kampus memberi solusi dengan membebaskan biaya UKT hingga mengajukan beasiswa. Sementara itu, mahasiswa yang dinilai masih mampu membayar UKT dan ingin mencicil, disarankan mencicil melalui lembaga perbankan atau non perbankan yang memang sudah berkerja sama dengan kampus salah satunya Danacita.

Namun, FKG Unpad telah memutuskan kerja sama dengan Danacita. Kerja sama di antara dua lembaga tak berlanjut sejak tahun 2022. Setelah pandemik reda tak ada lagi mahasiswa yang mengajukan pinjaman ke Danacita.

2. ITB punya opsi lain untuk pembiayaan UKT mahasiswa

Selain ITB, Ini Sejumlah Kampus di Bandung Kerja Sama Pinjol DanacitaIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto menuturkan, pembayaran UKT untuk mahasiswa yang masuk lewat jalur manapun sudah jelas tertera di aturan kampus. Artinya mereka wajib membayar UKT sesuai ketentuan.

Meski demikian, untuk mahasiswa yang belum bisa membayar UKT terdapat sejumlah opsi, salah satunya dengan peminjaman dana dari pihak ketika. Naomi menyebut bahwa pinjaman itu tidak melulu harus dilakukan lewat perusahaan Danacita.

"Ada opsi lain seperti Bank Mandiri, BNI dan BSI menawarkan pinjaman nol persen untuk mahasiswa," kata dia, Selasa (29/1/2024). 

3. KM ITB tolak pinjaman bayar UKT pakai pinjol

Selain ITB, Ini Sejumlah Kampus di Bandung Kerja Sama Pinjol DanacitaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, Muhammad Yogi Syahputra, menilai kebijakan ITB yang memberi solusi pembayaran UKT lewat skema pinjaman online (pinjol) memberatkan mahasiswa. Maka dari itu, KM ITB menolak kebijakan tersebut karena memberatkan.

Yogi tak mengetahui secara pasti jumlah mahasiswa ITB yang sudah mengajukan pinjol tersebut. Namun begitu, dia mengaku sudah mengumumkan kepada seluruh mahasiswa ITB agar tak mengajukan pinjaman.

"Kami udah mengimbau jangan ada yang ngambil pinjaman. Kami akan mengajukan tuntutan untuk menghapus opsi pinjaman yang memberatkan," ucap dia, Jumat (26/1/2024).

Mestinya, jikapun hendak menerapkan pembayaran UKT lewat pinjol, ITB tak membebani mahasiswanya dengan bunga. Bagaimanapun, menurut Yogi, ITB merupakan lembaga pendidikan, bukan lembaga keuangan.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa ITB Menunggak UKT dan Tetap Berjuang untuk Berkuliah

Baca Juga: Mahasiswa ITB Pasang Spanduk Protes: "Institut Tapi Berpinjol"

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya