Sekelompok Difabel di Sumedang Beri Dukungan pada Prabowo-Gibran 

Pasangan ini kerap diunggulkan dalam sejumlah survei

Sumedang, IDN Times - Sekelompok pemilih disabilitas mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan nomor urut dua, Prabowo-Gibran di Gelanggang Olahraga Alun-alun Situraja, Sumedang. Deklarasi ini dihadiri sejumlah tim pemenangan pasangan nomor urut 02.

Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan menyampaikan terima kasih kepada kelompok disabilitas atas dukungan kepada Prabowo-Gibran. Kata Arief, dukungan dari kelompok disabilitas merupakan sejarah bagi TKN, terutama TKN Pemilih Muda atau TKN Fanta.

“Ini pertama kali kami di Tim Kampanye Nasional Prabowo -Gibran utamanya di Pemilih Muda bisa memperoleh dukungan dari sahabat-sahabat kita, teman-teman kita dari kaum disabilitas ini,” kata Arief melalui siaran pers, Selasa (30/1/2024).

1. Dukungan ini jadi kekuatan untuk paslon 02

Sekelompok Difabel di Sumedang Beri Dukungan pada Prabowo-Gibran (Instagram/Gibran Rakabuming Raka)

Wakil Direktur Milenial TKN Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019 ini menuturkan, dukungan dari kelompok disabilitas kepada Prabowo-Gibran merupakan sebuah kekuatan bagi Prabowo dan Gibran.

“Ini menjadi sebuah kekuatan sekali lagi buat kami, bahwa inklusivitas yang selama ini diperjuangkan oleh mereka berdua, memperoleh keberlanjutan,” kata Arief.

Arief menuturkan, telah ada Undang-undang tahun nomor 8 tahun 2016 tentang Disabilitas di era Presiden Jokowi. Namun kata Arief, dalam pelaksanaannya di lapangan masih belum sempurna.

“Ke depan, Insya Allah, karena Pak Prabowo dan Mas Gibran mengusung agenda penyempurnaan, mengusung agenda keberlanjutan, percepatan, maka seluruh hak-hak kaum disabilitas yang tertuang dalam undang-undang, Insya Allah akan kita wujudkan bersama,” tutur Arief.

2. Bakal adakan tim Fanta Disabilitas

Sekelompok Difabel di Sumedang Beri Dukungan pada Prabowo-Gibran ilustrasi disabilitas (pexels.com/RUN 4 FFWPU)

Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2013-2015 ini menegaskan pasangan Prabowo-Gibran ingin melanjutkan dan menyempurnakan program Presiden Jokowi.

Arief menambahkan, pihaknya akan membentuk cluster baru yakni Fanta Disabilitas. Nantinya, cluster Fanta Disabilitas akan memperjuangkan hak-hak kaum disabilitas yang ada di UU nomor 8 tahun 2016 tengang penyandang disabilitas.

“Kami sudah punya 26 cluster di TKN Fanta, salah satunya yang akan kita bentuk adalah cluster Disabilitas. Kita ingin kaum disabilitas ini ada yang memperjuangkan hak-haknya, sehingga Undang-undang yang telah ada bisa berjalan optimal dan aturan turunan itu bisa memenuhi hak dasar mereka,” tutur Arief.

Usai acara deklarasi, Komandan TKN Fanta menyematkan pin bertuliskan Bersama Indonesia Maju dan bergambar Prabowo-Gibran kepada perwakilan kaum disabilitas.

Deklarasi dukungan dari kaum disabilitas, dilanjutkan dengan Dialog Kewirausahaan bersama caleg DPR RI Partai Golkar Fajar R Zulkarnaen dan tokoh muda Sumedang Hendra Ciho.

3. Hasil survei masih unggulkan pasangan ini

Sekelompok Difabel di Sumedang Beri Dukungan pada Prabowo-Gibran Cawapres Gibran Rakabuming Raka ditemani Ketua Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Dardak, Ketua TKD Jatim, Boedi Prijo, Ketua SPSI Ahmad Fauzi, Jubir Gasper Jazuli saat di Gelora Delta Sidoarjo. Dok. Gerindra Jatim.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny merilis survei nasional terbaru, Selasa (19/12/2023). Salah satu temuannya, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyentuh angka 50 persen.

Survei dilakukan tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Survei yang dilakukan pada tanggal 16-26 Januari 2024 itu memiliki 𝘮𝘢𝘳𝘨𝘪𝘯 𝘰𝘧 𝘦𝘳𝘳𝘰𝘳 sebesar 2,9 persen.

“Hasil survei simulasi kertas suara pemilu pilpres akhir Januari 2024, Prabowo–Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 50,7 persen,” kata Peneliti dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, Selasa (30/1/2024).

Sementara itu, calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menempati posisi kedua dengan elektabilitas 22 persen. Capres dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi terakhir dengan elektabilitas 19,7 persen.

Di survei akhir Desember 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 43,3 persen. Survei awal Januari 2024 terjadi kenaikan menjadi 46,6 persen. Akhir Januari, elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik menjadi 50,7 persen.

“Jika Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan tren positifnya, Pilpres 2024 semakin terbuka selesai satu putaran karena dengan 𝘮𝘢𝘳𝘨𝘪𝘯 𝘰𝘧 𝘦𝘳𝘳𝘰𝘳 (ME, plus minus), Prabowo-Gibran kini di angka 47,8 persen (minus ME) sampai dengan 53,6 persen (plus ME),” ujar Adjie Alfaraby.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Puji Pelaku Startup Kota Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya