Satu Orang Meninggal, Polisi: Belum Ada Tersangka Kasus Bentrok Ormas

Polisi masih lakukan pemeriksaan saksi

Bandung, IDN Times - Kepolisian masih melakukan pemeriksaan kepada lima saksi atas kasus bentrok dua organisasi masyarakat (ormas) di Kota Bandung pada Kamis (18/4/2024) malam. Hingga saat ini belum ada orang yang ditetapkan menjadi tersangka meski satu orang dipastikan meninggal dunia atas bentrok tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, jajaran dari tim Reskim Polrestabes Bandung belum selesai melakukan pemeriksaa saksi dan menganalisis rekaman dari kamera pengawas (CCTV), hingga keterangan di lapangan.

"Total saksi ada lima orang. Nanti kalau sudah ada kejelasan baru kita rilis kembali," ujar Budi ditemui di Polrestabes Bandung, Jumat (19/4/2024).

1. Kronologi awal bentrokan masih karena senggolan kendaraan

Satu Orang Meninggal, Polisi: Belum Ada Tersangka Kasus Bentrok OrmasIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan kronologi awal mula bentrokan ini, Budi menyebut bahwa data awal masih dikarenakan ada senggolan kendaraan antara anggota dari kedua ormas tersebut, yaitu Manggala dan Sundawani. Setelah itu ada kesalahpahaman yang mendatangkan massa dari kedua belah pihak.

"Berselisih paham terus datang teman-temannya, tapi jelasnya setelah pemeriksaan seluruh saksi-saksi," ujarnya.

2. Pastikan tidak ada kerusuhan susulan

Satu Orang Meninggal, Polisi: Belum Ada Tersangka Kasus Bentrok Ormasilustrasi penganiayaan (IDN Times/Esti Suryani)

Dengan kejadian ini, Budi memastikan tidak akan ada kerusuhan susulan kedua ormas tersebut. Sebab, masing-masing dari ketua ormas sudah dipanggil agar berdamai usai ribut semalam.

Dengan demikian diharapkan Kota Bandung tetap kondusif, tidak ada kejadian bentrok lagi. Kasus ini pun seluruhnya sudah diserahkan ke kepolisian untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

"Mereka tidak akan melakukan tindakan atau gerakan kelanjutan Tadi kami sudah takziah, dan keluarga Korba juga sama akan menyerahkan kasus penanganan nya kepada polisi," ujarnya.

3. Satu orang meninggal kena bacok senjata tajam

Satu Orang Meninggal, Polisi: Belum Ada Tersangka Kasus Bentrok Ormasilustrasi penusukan (IDN Times/Mia Amalia)

Satu orang korban luka bacok akibat bentrok organisasi di Jalan Dayang Sumbi. Korban meninggal dunia sempat dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung yang diketahui bernama Yadi alias Gundil.

Budi Sartono membenarkan bahwa seorang korban luka bacok meninggal dunia di rumah sakit. Kasus tersebut saat ini, ia mengatakan masih ditangani di kantor Satreskrim Polrestabes Bandung.

"Iya meninggal, kemarin luka sekarang meninggal," ucap dia.

Baca Juga: Dua Ormas Bentrok di Bandung, Sejumlah Orang Luka-luka

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya