Satu Buron Pencuri Toko Emas di Bandung Berhasil Dibekuk di Kebumen

Masih ada satu tersangka dalam pencarian

Bandung, IDN Times - Kepolisian dari Polrestabes Bandung berhasil membekuk satu pelaku pencurian di toko emas di Kota Bandung yang menjadi daftar pencarian orang (DPO). Kapolsek Sumur Bandung Kompol Septa Firmansyah mengatakan, satu pelaku DPO yang berhasil diamankan itu berinisial A.

"Inisial pelaku A (diamankan). Tinggal satu lagi," ujar Septa Firmansyah saat dihubungi wartawan, Senin (27/9/2021).

Saat ini tinggal satu pelaku lagi berinisial Y yang masih buron dan berstatus sebagai DPO.

1. Tersangka sekarang berada di Polsek Sumur Bandung

Satu Buron Pencuri Toko Emas di Bandung Berhasil Dibekuk di KebumenIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Septa, pelaku A ini diamankan di tempat persembunyiannya di Kebumen. Dia sekarang telah ditahan di Mapolsek Sumur Bandung dan masih dimintai keterangan oleh polisi.

"Sudah ditahan di Polsek. Masih diperiksa ya, dimintai keterangan," katanya.

2. Ada tiga pelaku yang lakukan perampokan

Satu Buron Pencuri Toko Emas di Bandung Berhasil Dibekuk di KebumenIlustrasi DPO. DN Times/M Shakti

Sebelumnya, Septa Firmansyah menjelaskan kronologis aksi yang menewaskan T (60) pemilik toko mas Gaya Baru. Menurutnya, pelaku yang berjumlah tiga orang itu pada awalnya hanya datang untuk memasang CCTV pada Minggu 19 September 2021.

"Jadikan, mereka ini mau masang CCTV, kesepakatannya sembilan titik, ternyata hanya dipasang tiga titik. Jadi, kayaknya dia (korban) dongkol, tidak terima kayak dibohongi," ujar Septa, saat dihubungi Selasa (21/9/2021).

Korban, kata dia, merasa kecewa sehingga marah kepada para pelaku. Sehingga muncul rencana untuk melakukan aksi jahat. Dari situ kemudian muncuk keinginan melakukan aksi pencurian, hingga akhirnya terjadai pemukulan kepada korban yang menyebabkan meninggal dunia.

Awalnya, kata dia, para pelaku ini tidak ada niat untuk melakukan perampokan. "Jadi, ya seketika saja itu. Pasang CCTVnya Minggu, kejadianya malam Senin, tetap di TKP (pelaku) lama di dalam," ucapnya.

Terkait penyebab korban meninggal dunia, kata dia, diduga akibat pukulan benda tumpul dibagian kepala.  

3. Satu pelaku ditangkap warga pada dini hari

Satu Buron Pencuri Toko Emas di Bandung Berhasil Dibekuk di KebumenIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Agus, salah satu petugas Linmas yang ikut mengamankan pencuri tersebut mengatakan, penangkapan kepada pencuri terjadi pada pukul 04.00 WIB. Pencuri terlihat hendak membongkar teralis yang menutup toko.

"Jadi dia ambil (emas) dari bawah. Pas Linmas sedamg partoli langsung melihat dan menangkapnya," kata dia kepada wartawan.

Saat ditangkap pelaku sudah mengantungi perhiasan mirip emas dengan kantung keresek hitam. Sementara itu di dalam toko ada sebuah karung yang isinya benda berbentuk singa yang warnanya juga emas.

Sebelum diserahkan ke kepolisian, pelaku itu dibawa ke rumah ketua rukun warga (RW) 11, Sumur Bandung. Saat diinterograsi pelaku mengaku orang dari Banceuy dan menyebut dirinya seseorang yang disegani.

"Pelaku tidak sebutkan namanya. Dia langsung dibawa ke kantor polisi," ujarnya.

Baca Juga: Ini Kronologis Pencurian Toko Emas yang Buat Pemiliknya Meninggal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya