Sandiaga-Ridwan Kamil Bertemu Bahas Pengembangan KEK Lido

Emil minta dukungan Sandiaga sukseskan pariwisata Jabar

Bandung, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) siap berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengembangkan potensi pariwisata sebagai lokomotif ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini mengemuka saat Menteri Parekraf Sandiaga Uno bertamu dan bertemu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Usai pertemuan, Sandiaga Uno mengaku bahwa pertemuan ini merupakan lanjutan pembahasan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Lido, Kabupaten Bogor. Rencananya, ia bersama Ridwan Kamil akan meninjau lokasi KEK Lido pada Maret mendatang untuk memastikan perkembangan proyek itu berjalan lancar.

"Hari ini kita bicara kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan kita 19 Januari. Pertama, bahwa KEK pariwisata Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," ujar Sandiaga Uno.

1. Keduanya juga membahasa terkait Petani Milenial

Sandiaga-Ridwan Kamil Bertemu Bahas Pengembangan KEK LidoIlustrasi petani muda. (Dok. Kementan)

Selain itu, ada beberapa masukan yang diterimanya dari Emil mengenai kolaborasi program, seperti petani milenial. Emil berharap ada bantuan dari BUMN mengenai ketersediaan lahan yang nantinya digarap para anak muda.

"Terutama yang bisa dikelola untuk menciptakan lebih dari 500 ribu lapangan kerja baru untuk anak muda. Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," paparnya.

2. Emil ingin Sandiaga mendukung program Jabar dalam pengembangan ekonomi

Sandiaga-Ridwan Kamil Bertemu Bahas Pengembangan KEK Lidoparalayangmajalengka.com

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil berharap pertemuan tersebut bisa berlanjut dengan kerja sama dengan baik. Pasalnya, kedua belah pihak memiliki visi yang sama dalam upaya membangkitkan ekonomi melalui industri pariwisata.

"Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," jelasnya.

3. Pembahasan pariwisata antara Sandiaga dan Emil akan berlanjuta untuk destinasi lainnya

Sandiaga-Ridwan Kamil Bertemu Bahas Pengembangan KEK LidoDok. Humas Jabar

Sementara itu, Kadisparbud Jabar, Dedi Taufik menjelaskan bahwa beberapa pembahasan antara Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno menyangkut program pariswisata tipe 1 sampai tipe 3. Setelah berhasil mendorong KEK di Lido, berikutnya adalah Cikidang.

Minggu depan, pembahasan lanjutan dilakukan di Kota Bandung bersama para deputi mengenai pengembangan destinasi desa hingga destinasi lain untuk bisa naik kelas dengan dorongan Kemenparekraf kepada Kementerian PUPR.

Dari sisi promosi, pemerintah pusat memiliki calendar of event pada tanggal 2 Maret. Sehari setelahnya, agenda milik Provinsi Jawa Barat. Sandiaga Uno sendiri mengaku akan datang dalam lima agenda.

"Pak menteri akan menghadiri lima calendar of event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik,” ucap dia.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Dorong SDM Pariwisata Mendapat Jatah Vaksinasi 

Baca Juga: Angela Tanoesodibjo: GeNose Bisa Bantu Pulihkan Sektor Pariwisata

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya