Sandiaga Berbagi Kisah Romantis kepada Ribuan Millennial di Bandung

Jawa Barat punya potensi menumbuhkan para pelaku usaha baru

Bandung, IDN Times - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, berbagi kisah romantis di hadapan ribuan entrepreneur millennial pada acara Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3).

Dia menceritakan, Bandung adalah sebuah kota yang dihinggapi rasa cinta. Rasa ini pula lah yang menjadi cikal bakal lahirnya ide dan gagasan yang kreatif. Hal tersebut tampak dari banyaknya industri kreatif atau UMKM yang tumbuh di Kota Bandung.

"Cinta adalah energi dan sumber inspirasi, dan cinta pemicu kegalauan. Galau itu nantinya membuat ekpresi dan mengeluarkan ide-ide," ujar Sandi.

1. Kreativitas bisa menumbuhkan perekonomian

Sandiaga Berbagi Kisah Romantis kepada Ribuan Millennial di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Sandiaga menuturkan, inovasi dan kreativitas adalah hal yang penting untuk menumbuhkan ekonomi. Dengan kondisi perekonomian Indonesia yang terbilang belum bagus, maka rasa cinta kaum millennial menjadi penting karena potensi perbaikan ekonomi ini masih ada.

"Karena itu, sudah saatnya kaum millennial unjuk gigi mengerahkan daya kreativitas guna membangun negeri," ujarnya.

Di sisi lain, mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini menyayangkan banyaknya pengangguran di Indonesia yang mencapai angka sekitar 61 persen berasal dari generasi millennial. Dia geram karena sumber daya manusia (SDM) dalam negeri sebenarnya banyak tapi justru tidak bisa dimanfaatkan untuk membangun negeri oleh pemerintah.

"Indonesia itu butuh energi cinta baru millennial dengan ide dan inovasi kita akan menembus batas masa depan," ucapnya.

2. Jawa Barat punya potensi

Sandiaga Berbagi Kisah Romantis kepada Ribuan Millennial di Bandungjurnal islam

Menurut Sandiaga, Provinsi Jawa Barat sebenarnya mempunyai potensi luar biasa dengan banyaknya pelaku usaha kecil yang mampu tumbuh dan berkembang menjadi mitra dalam membangun perekonomi Indonesia. Dia berharap Jawa Barat bisa menjadi model bagi daerah lain untuk meningkatkan perekonomian daerahnya.

"Dan millennial sebagai bonus demografi harus dijaga dari narkoba dan depresi," ucapnya,"

3. Menyempatkan lari pagi

Sandiaga Berbagi Kisah Romantis kepada Ribuan Millennial di BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelum memberikan paparan mengenai kewirausahaan, pada pagi harinya, Sandiaga menyempatkan diri untuk berolahraga dengan berlari di kawasan Arcamanik, Kota Bandung. Sandiaga berlari dari Arcamanik menuju Pendopo Abu Syauqi, Sindanglaya, Cimenyan. Dari ratusan orang yang mengiringinya berlari, di kilometer kedua, menyisakan hanya sepuluh pelari.

Di sepanjang jalan, calon wakil presiden nomor urut 02 ini menyapa warga yang berpapasan dengannya. Termasuk ajakan swafoto, lambaian dan jabat tangan. Begitu memasuki Sindanglaya, jalanan terus menanjak sekitar satu kilometer lebih.

“Luar biasa treknya. Jalannya terus menanjak, semoga sama dengan elektabilitas yang terus menanjak,“ canda Sandiaga sambil mengelap peluh yang membanjir begitu tiba di Pendopo sahabat lamanya Abu Syauqi.

Pendopo ini berada di ketinggian dengan pemandangan spektakuler. Dikelilingi pegunungan dengan warna hijau menghampar.

“Jawa Barat memang indah. Saya selalu takjub dengan daerah ini. Potensinya juga luar biasa. Dari industri kreatif hingga kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Makanya Proklamator Soekarno pernah sangat merindukan Priangan saat diasingkan ke Ende NTT, iklim Priangan disebutnya seperti Taman Eden,” kata Sandi mengutip surat Soekarno kepada Samuel Koperberg Sekretaris Java Instituut.

Di Pendopo Abu Syauqi, kepada relawan dan simpatisan Sandiaga meminta untuk terus menciptakan kampanye yang sejuk.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya