Rusun Cisaranten Segera Dibangun, Cicilan Rp1,35 juta per Bulan

Rumah ini sangat murah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Kementerian PUPR akan segera membangun Rumah Susun (Rusun) Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung. Ini menjadi kota pertama atau pilot proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Rusun Cisaranten Bina Harapan. Skema proyek ini dibicarakan pada Rapat Sosialisasi Proyek KPBU Rusun Cisaranten.

Nantinya, masyarakat umum berdomisili Kota Bandung berpenghasilan minimal Rp4 juta, dengan surat pernyataan belum mempunyai rumah bisa mendapatkan rusun tipe studio dengan cicilan mulai dari Rp1,35 juta per bulan.

Proyek Rusun Cisaranten Bina Harapan akan mulai kontruksi pada 2024 dan diestimasikan tahap pertama dapat di huni pada 2025. 

1. Siapkan 1.879 unit

Rusun Cisaranten Segera Dibangun, Cicilan Rp1,35 juta per BulanDok. Humas Pemkot Bandung

Rencananya rusun ini akan dilengkapi dengan 1.879 unit kamar, termasuk delapan unit difable dengan menggunakan skema SKBG yaitu kepemilikan atas unit sarusun di atas barang milik negara, dengan jangka waktu tertentu dengan sasaran Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Rusun ini diperuntukan untuk warga Bandung. Sudah disiapkan lima tower dengan 1879 unit. Ketika kurang nanti mudah-mudahan pak menteri (PUPR) bisa tambah lagi, karena memang masih ada lahan di sebelahnya,” ucap Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, Haryo Bekti Martoyoedo melalui siaran pers dikutip, Rabu (30/8/2023). 

2. Rumah ini sangat terjangkau dari segi harga

Rusun Cisaranten Segera Dibangun, Cicilan Rp1,35 juta per BulanIlustrasi rusun ASN, TNI/Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, Pemkot Bandung berkomitmen untuk membantu pembangunan rusun agar bisa terealisasi dan termanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan rumah layak bagi warga Kota Bandung.

"Ini adalah bagian kontribusi Kota Bandung melalui pengelolaan air bersih dan limbah serta kemudahan perizinan. Ini garansi, saya kontrol betul," kata Ema saat membuka Bandung Properti Industri Expo di Paris Van Java (PVJ) beberapa waktu lalu.

"Lahan pemakaman pun kita pikirkan oleh pemerintah kota. Kami juga siap menjadi fasilitator dengan pihak lain untuk keperluan lainnya," imbuhnya.

Ema juga mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk memanfaatkan peluang guna mendapatkan hunian dengan harga terjangkau melalui Rusun Cisaranten.

"Kami mengajak masyarakat memanfaatkan peluang ini sebaik baiknya, kami mencoba semaksimal mungkin dengan data terverifikasi. Ini untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat," ungkapnya.

3. Manfaatkan lahan 3,2 hektare milik PUPR

Rusun Cisaranten Segera Dibangun, Cicilan Rp1,35 juta per BulanIlustrasi rusun ASN, TNI/Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (dok. Kementerian PUPR)

Rusun Cisaranten Bina Harapan dibangun di atas lahan sekitar 3,2 hektar milik Kementerian PUPR. Adapun lokasi Proyek ada di Jalan Golf Raya Blok A No 5 RW 10, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kota Bandung, di jalan penghubung (Jl. Golf Raya) dengan 2 jalan arteri, Jl. AH Nasution dan Jl. Soekarno Hatta.

Jika Wargi Bandung berminat mendapatkan rumah ini, anda bisa mendaftarkan diri melalui tautan di bawah ini:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdwgow-wujYLEVrl0q4SjipScEWCosDFU7PZvzEjT3XtrZpnQ/viewform. 

Baca Juga: Rusun ASN di IKN 1 Unit Bakal Diisi 6 Orang? Ini Penjelasan PUPR

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya