RSUD dr Slamet Garut Kebakaran, Pelayanan Kesehatan Tidak Ditutup

Ada ruangan yang belum bisa dipakai pasien

Garut, IDN Times - Kebakaran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet, Kabupaten Garut, berhasil dipadamkan. Kebakaran ini sempat membuat pasien dan masyarakat panik karena kepulan asap hitam yang membumbung tinggi.

Wakil Direktur Umum RSUD Slamet, Evi Anshori menuturkan, saat ini kebakaran sudah berhasil dipadamkan di mana awal mula api muncul sekitar pukul 12.00 WIB di ruang logistik. Di dalam ruangan tersebut terdapat sejumlah alat yang tidak terpakai maupun belum terpakai.

"Pelayan tetap berjalan karena pasien sekarang sudah dievakuasi dan dipindahkan," kata Evi kepada wartawan, Minggu (1/10/2023).

1. Bupati Garut minta dinas segera koordinasi terkait penanganan pasien

RSUD dr Slamet Garut Kebakaran, Pelayanan Kesehatan Tidak DitutupIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengaku langsung mendatangi RSUD dr Slamet setelah mendapat informasi kejadian kebakaran. Menurut dia, manajemen rumah sakit langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan.

“Ada sembilan unit kendaraan damkar yang diturunkan. Alhamdulillah, api bisa dipadamkan,” kata dia.

Helmi mengaku akan mengecek lebih lanjut kondisi RSUD dr Slamet setelah kejadian kebakaran ini. Termasuknya dampaknya terhadap pelayanan.

“Kita doakan saja mudah-mudahan tidak ada apa-apa,” kata dia.

2. Ada ruangan yang belum bisa dipakai di RSUD

RSUD dr Slamet Garut Kebakaran, Pelayanan Kesehatan Tidak Ditutupunsplash.com/@mufidpwt

Sementara itu, Wadir Pelayanan RSUD Slamet, Rd Muhammad Willy Indrawilis mengatakan, pasien memang sempat dipindahkan ke ruangan lain untuk antisipasi dampak kebakaran dengan asap yang tebal, tapi sekarang kondisi ruangan sudah mulai membaik.

Dengan demikian pelayanan di RSUD Slamet tetap berlanjut. Jika memang ada ruangan yang tidak bisa dipakai maka pasien bisa dipindah ke RS lain atau Puskemas terdekat.

"Ruang Hemodialisa sementara tidak bisa dilakukan penanganan di sana, kalau ruangan lain aman," kata Willy.

3. Penyebab kebakaran masih diselidiki

RSUD dr Slamet Garut Kebakaran, Pelayanan Kesehatan Tidak DitutupIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait kebakaran ini, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut Eded Komara mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran di RSUD dr Slamet.

“Masih harus diselidiki lebih lanjut,” kata dia.

Hal senada disampaikan Kapolres Garut AKBP Rohman. Menurutnya, kepolisian dan dinas lain masih mencari tahu penyebab awal mula adanya kebakaran di RSUD Slamet.

"Untuk penyebab masih diselidiki," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] RSUD Dr Slamet Garut Kebakaran, Pasien Dievakuasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya