RS Unpad di Jatinangor akan Beroperasi Awal 2024

Ada ratusan tempat tidur untuk pasien

Bandung, IDN Times - Universitas Padjadjaran (Unpad) masih melalukan pembangunan rumah sakit (RS) di kawasan kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pembangunan RS ini masih berproses dan diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, bukan hanya mahasiswa.

"Ada RS tipe B dengan fasilitas lengkap. Insyaallah Unpad bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus wahana pendidikan bagi mahasiswanya,” kata Rina melalui siaran pers dikutip, Jumat (29/12/2023).

1. Paling lama Maret sudah bisa dipakai

RS Unpad di Jatinangor akan Beroperasi Awal 2024Unpad.ac.id

Gedung A RS Unpad memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 117 buah. Di lantai pertama, tersapat area lobi, ruang Instalasi Gawat Darurat, dan area radiologi. Sementara di lantai dua terdapat area poliklinik. Di lantai tiga ad area ruang ICU, HCU, PICU, NICU, dan ruang operasi, sedangkan di lantai empat ada area kamar inap pasien.

Unpad sendiri menargetkan pembangunan rumah sakit ini akan selesai awal tahun 2024. Usai pembangunan rampung, pengadaan alat kesehatan dan fasilitas pendukung akan segera dilakukan.

“Paling lambat, Februari-Maret secara bertahap bisa beroperasi,” ujarnya.

2. Akan jadi pusat pengembangan ilmu

RS Unpad di Jatinangor akan Beroperasi Awal 2024My document

Lebih lanjut Rektor mengatakan, RS Unpad bukan sekadar sarana pelayanan kesehatan untuk warga Unpad maupun masyarakat umum. Rumah sakit ini akan dikembangkan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satunya pengembangan tiga pusat unggulan, yaitu trauma center, stunting center, dan pengembangan riset infeksi.

 “Kita ingin iptek kesehatan ini bisa terus dikembangkan disertai dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi kasus-kasus jadi penelitian. Dengan demikian, salah satu branding Unpad ‘unggul di bidang kesehatan’ bisa tercapai bukan hanya tridarma tetapi melalui pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Rektor.

3. Perbanyakan rumah sakit tipe A di Jabar

RS Unpad di Jatinangor akan Beroperasi Awal 2024ilustrasi perawatan pasien di rumah sakit (247nursing.com.au)

Rektor menilai, RS merupakan kebutuhan Unpad untuk mengimplementasikan pendidikan dan pelayanan kesehatan di masyarakat. Saat ini, pendidikan rumpun kesehatan merupakan salah satu kekuatan Unpad.

Selain memiliki jenjang pendidikan lengkap, rumpun kesehatan Unpad juga banyak menghasilkan karya riset inovasi yang sudah direkognisi nasional dan internasional. Dasar lainnya adalah hadirnya RS Unpad merupakan salah satu kontribusi untuk melengkapi kekurangan fasilitas kesehatan di Jawa Barat maupun Indonesia.

Di Jawa Barat sendiri, keberadaan rumah sakit tipe A masih terbilang minim. Untuk itu, RS Unpad dalam pengembangan ke depan akan didorong untuk menjadi rumah sakit tipe B hingga rumah sakit tipe A.

Lokasi RSPTN yang berada di Jatinangor ini memiliki potensi pengembangan besar. Selain memiliki banyak perguruan tinggi besar, akses tol, wilayah yang terletak di tengah Jawa Barat juga dekat dengan stasiun kereta cepat. Kawasan ini diproyeksikan akan menjadi salah satu kota yang diandalkan untuk kemajuan Jawa Barat.

“Dari sisi potensi permintaan dan kelengkapan infrastruktur, ke depan tidak diragukan Jatinangor jadi daerah menjanjikan, sehingga dari sisi permintaan dan analisis pasar, adanya rumah sakit ini bisa terbayangkan,” kata dia.

Baca Juga: WHO: Tidak Ada Lagi Rumah Sakit yang Berfungsi di Gaza Utara

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya