Rina Indiastuti Resmi Jabat Rektor Unpad 2019-2024 

Unpad harus bisa bekerja sama secara baik dengan pemprov

Bandung, IDN Times - Profesor Rina Indiastuti akhirnya resmi menjadi rektor baru Universitas Padjadjaran untuk periode 2019-2024. Prosesi pengucapan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara, di Universitas Padjadjaran (Unpad), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung sekitar pukul 09.08, Senin(7/9). Acara juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Dengan ini secara resmi melantik saudari sebagai Rektor Unpad 2019-2024. Saya dan teman-teman MWA percaya bahwa saudari akan menjalankan tugas sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Tuhan YME senantiasa memberi bimbingan," ucap Rudiantara selepas melakukan pelantikan.

Penetapan Rina sebagai Rektor Unpad sebelumnya telah dipilih secara aklamasi akhir pekan kemarin. Rudiantara mengatakan, pemilihan Rina telah melalui proses mufakat dan para calon rektor lainnya menyatakan siap membantu Rina dalam menjalankan tanggungjawabnya.

"Sisanya ketika ditanya apa mau jadi tim rektor, semua bilang ya. Pemillihan kemarin bulat aklamasinya. Kita mufakat dulu, baru musyawarah. Kalau musyawarah dulu, enggak tahu ujungnya ke mana," ungkap Rudiantara dalam sambutannya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan adanya rektor baru maka kerja sama antara pemerintah provinsi Jawa Barat dengan Unpad lebih terstruktur.

"Sekarang sudah kerja sama cuma gak jelas. Dengan rektor baru maka akan kita bangun center fot west java studies," paparnya.

Menurut Emil, sapaan akrabnya, masih banyak persoalan di Jawa Barat (Jabar) yang harus segera diselesaikan. Dia pun meminta agar pihak kampus bias ikut serta memecahkan persoalan tersebut.

"Nanti kita tagih, itu janjinya dalam 100 hari," kaya Emil.

Profesor Rina Indiastuti merupakan guru besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir di Kediri, 10 Januari 1961, dia menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi di Unpad pada 1984, Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang, pada 1999.

Profesor Rina pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpad 2009-2012, Wakil Rektor Bidang Perencaan, Sistem Informasi, dan Keuangan pada 2012-2015, serta Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI 2017-2019.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi, Rina Indiastuti Jabat Rektor Baru Unpad

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya