Ridwan Kamil Turut Berduka atas Kecelakan Kereta Teknis KCJB 

Dua pekerja meninggal dunia dalam peristiwa ini

Bandung, IDN Times - Kecelakaan terjadi di jalur kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Minggu (18/12/2022). Adapun yang mengalami kecelakaan adalah Kereta Kerja berupa Lokomotif Kerja dan Mesin Pemasangan Rel ( ballasted).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun turut berbelasungkawa atas kejadian tersebut. Dia berharap proses persiapan yang membuat adanya orang terluka tersebut bisa segera dipastikan penyebabnya.

"Mudah-mudahan polisi bisa menangani dengan baik," kata Emil, Senin (19/12/2022).

1. Berharap pengoperasian KCJB tak molor lagi

Ridwan Kamil Turut Berduka atas Kecelakan Kereta Teknis KCJB Penampakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (dok. KCIC)

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar kereta ini bisa segera digunakan paling lambat Juni 2023. Emil pun berharap agar proyek itu segera tuntas. JIka terlalu lama proyek in akan memperpanjang perdebatan.

"Minimal Juni mohon ditempati, beroperasi penumpang pertama bisa menggunakan fasilitas (KCJB)," kata dia.

2. Ada dua korban yang masih mendapat perawatan

Ridwan Kamil Turut Berduka atas Kecelakan Kereta Teknis KCJB Kecelakaan di trek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Dokumentasi Istimewa

Sebelumnya, pada kecelakaan di trek KCJB kejadian tersebut terjadi pada 18 Desember 2022 sekitar pukul 17.00 WIB di desa Cempaka Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Saat ini dua korban luka luka sudah mendapatkan perawatan di RS Santosa Bandung, dua orang korban luka ringan sudah diperbolehkan pulang.

Proses evakuasi sudah berlangsung sejak Minggu malam dan masih berlangsung hingga pagi ini, Senin (19/12/2022.

"PT KCIC melakukan koordinasi bersama dengan pihak terkait untuk menangani kejadian ini. PT KCIC mendukung penuh proses investigasi yang dilakukan pihak berwenang," kata Rahadian Ratry selaku Corporate Secretary.

3. Proses pembanginan KCJB tetap berjalan

Ridwan Kamil Turut Berduka atas Kecelakan Kereta Teknis KCJB Kecelakaan di trek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Dokumentasi Istimewa

Proses pembangunan di area kerja KCJB saat ini tetap berjalan. Pembangunan stasiun dan pemasangan subsistem perkeretaapian di area KCJB tetap dilakukan sesuai prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan. Termasuk pemasangan rel tanpa balas.

KCIC akan melakukan evaluasi menyeluruh atas SOP pemasangan rel, dan SOP Pekerjaan lainnya, serta memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB mengimplementasikan aspek Safety, Security, Health and Environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja.

Baca Juga: Kereta Teknis KCIC Terguling, Dua Pekerja Meninggal Dunia

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Teknis di Bandung Barat, Begini Keterangan KCIC

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya