Ridwan Kamil Tunjuk Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota Bandung

Yana Mulyana kena OTT KPK kasus suap pengadaan CCTV

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menunjuk Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna sebagai Pelaksanaan Harian (Plh) Wali Kota Bandung. Hal itu sesuai dengan surat nomor 16/KPG.07/PEMOTDA yang ditujukan kepada Sekda Kota Bandung tertanggal 16 April 2023.

Dalam surat tersebut dijelaskan, penunjukan itu sesuai dengan pasal 131 ayat 4 PP no 49 tahun 2008 bahwa dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekda melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah sampai dengan presiden mengangkat penjabat kepala daerah.

"Sehubungan hal tersebut, dalam rangka menjamin keberlangsungan Pemerintah Daerah di Kota Bandung, agar saudara Sekda Kota Bandung melaksanakan tugas sehari-hari Wali Kota Bandung hingga terdapat ketentuan dan kebijakan lebih lanjut," tulis surat tersebut dikutip dari siaran pers, Senin (17/4/2023). 

1. Pastikan pelayanan publik tak terkendala

Ridwan Kamil Tunjuk Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota BandungPara perwakilan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di seluruh kecamatan Kota Bandung mengasah kreativitas lewat pemanfaatan pakaian bekas menjadi kebaya klasik atau modern. (Dok. Pemkot Bandung) 

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku siap melaksanakan tugas tersebut. 

"Sesuai dengan perintah Gubernur Jawa Barat, saya siap melaksanakan tugas ini sampai ada kebijakan selanjutnya," kata Ema.

Baginya, hal utama yaitu menjamin pelayanan publik di Kota Bandung tetap berjalan dengan normal. Selain itu, roda pemerintahan juga harus berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

"Tugas dalam waktu dekat menghadapi lebaran, ketersediaan pangan , keamanan, arus mudik. Termasuk target-target pembangunan yang telah disepakati bersama," kata Ema. 

2. Emil turut prihatin

Ridwan Kamil Tunjuk Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota BandungDokumentasi Antara Foto

Emil turut merasa sedih atas tertangkapnya Yana Mulyana oleh KPK. Yana ditangkap lantaran diduga terima suap soal pengadaan kamera CCTV dan jasa penyedia jaringan internet Bandung Smartcity.

"Sebagai gubernur saya sangat prihatin. Sebagai mantan wali kota bandung saya sangat sedih. susah diceritakan perasaannya. Sebagai kedinasan sangat prihatin," ujar Emil di Pasar Kosambi, Sabtu (15/4/203).

Rasa sedih ini dirasakannya lantaran ia sempat memimpin selama satu periode. Sehingga, ia sangat menyayangkan terjadinya kasus ini.

"Sebagai pribadi yang dulu ngurusin Bandung, mereformasi begitu rupa, sangat sedih. Ini saya tadi ke sana juga menitipkan pelayanan publik," ucapnya.

3. Wali Kota Bandung Yana Mulyana terjaring OTT KPK dan jadi tersangka

Ridwan Kamil Tunjuk Ema Sumarna Jadi Plh Wali Kota BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk diketahui, Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditangkap dan dijadikan tersangka bersama enam orang lainnya, termasuk beberapa pejabat di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jumat(14/4/2023).

"Jumlah orang yang ditangkap enam orang, termasuk wali kota Bandung dan beberapa pejabat di Dinas Perhubungan Kota Bandung," kata Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Pada OTT ini, KPK kemudian mengamankan sejumlah barang bukti, yaitu uang pecahan rupiah. Adapun Yana diduga menerima suap terkait pengadaan kamera CCTV dan jasa penyedia jaringan internet.

Baca Juga: Ditangkap KPK, Akun Instagram Yana Mulayana Dinonaktfikan

Baca Juga: Terjaring OTT, KPK Geledah Kantor Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya