Comscore Tracker

Ridwan Kamil Tegaskan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi Haji

Bandara ini sudah terlalu lama hiatus

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menegaskan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, siap menjadi embarkasi haji untuk calon haji asal Provinsi Jabar.

"Berkaitan dengan pertanyaan dari Fraksi Golkar dan Fraksi PAN dalam rapat paripurna beberapa hari lalu, terkait dengan sarana prasarana Bandara Kertajati, Majalengka dan Asrama Haji Indramayu sebagai embarkasi, dapat disampaikan bahwa Bandara Kertajati telah siap," kata Ridwan Kamil dikutip dari ANTARA, Minggu (25/9/2022).

1. Berharap Tol Cisumdawu segera diaktifkan

Ridwan Kamil Tegaskan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi HajiANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka dan Asrama Haji Indramayu, ditetapkan sebagai embarkasi haji melalui keputusan Menteri Agama RI Nomor 989 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Agama Nomor 124 Tahun 2016 tentang Penetapan Embarkasi dan Debarkasi Haji, pada diktum kesatu nomor 13 bahwa Bandara Internasional Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah Jawa Barat.

Gubernur Ridwan Kamil juga berharap keberadaan jalan tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) bisa segera dioperasikan agar bisa menunjang akses warga ke Bandara Kertajati.

"Dan mudah-mudahan Tol Cisumdawu tembus dan itu akan mengubah nasib Kertajati," katanya. 

2. Upayakan Kertajati ramai akhir tahun ini

Ridwan Kamil Tegaskan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi HajiDok.IDN Times/Istimewa

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), dijelaskan Menhub akan tersambung sebentar lagi. Nantinya keberadaan jalan bebas hambatan tersebut akan memudahkan akses menuju Bandara Kertajati.

"Kita juga menunggu tersambungnya jalan tol dari Bandung pada bulan Oktober. Insha Allah pada Desember Bandara Kertajati sudah mulai ramai,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya beberapa waktu lalu.

3. Garuda dan Lion Air akan segera terbang dari BIJB

Ridwan Kamil Tegaskan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi HajiDok.Istimewa/Lion Air

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati direncanakan untuk melayani penerbangan penumpang komersial pada akhir 2022, tepatnya pada November-Desember ini.

Budi menuturkan bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai, yakni Garuda Indonesia dan Lion Air dalam rangka melakukan persiapan.

"Insha Allah untuk pertama ada 4 penerbangan. Pada Desember nanti  bertambah menjadi 8 penerbangan. Paling tidak ada 2 penerbangan untuk umroh,” kata Menhub.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya