Ridwan Kamil: Rizal Ramli Jangan Hanya Baca Berita Politik

99 persen kinerja Emil untuk kesejahteraan Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menanggapi sindiran Rizal Ramli yang menyebutnya tidak banyak bekerja sebagai seorang pemimpin daerah. Ridwan Kamil, atau Emil, dianggap hanya mementingkan dunia politik ketimbang membangun Jabar yang menjadi tanggung jawabanya.

Ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Emil menyebut komentar yang dilayangkan Rizal Ramli (RR) kurang tepat. Sebab dia hanya melihat dari satu sisi dan hanya mendapat sedikit informasi terkait kinerja Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan dirinya.

"Saya maafkan pak Rizal Ramli karena itu adalah komentar dari orang yang tidak mendapat informasi penuh," kata Emil, Senin (18/3).

1. Emil klaim kegiatan politik hanya 1 persen

Ridwan Kamil: Rizal Ramli Jangan Hanya Baca Berita PolitikIDN Times/Yogi Pasha

Menurut Emil, sebagai seorang gubernur dia pasti akan mendedikasikan lebih banyak kegiatan untuk memajukan daerah ketimbang berkegiatan politik. Bahkan, 99 persen apa yang dia lakukan semenjak dilantik sudah pasti berkaitan dalam menjalankan visi dan misi.

"Politik saya hanya satu persen," ujar Emil.

Terkait dengan program kerja, mantan wali kota Bandung ini memastikan telah mempersiapkan langkah apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan janji kampanye. Dia menuturkan, sedikitnya terdapat 17 program kerja yang akan dilaksanakan selama lima tahun ke depan.

"Ada Jabar Quick Respons, Citarum Harum, Jabar Masagi dan program lainnya," papar Emil.

2. Rizal Ramli merupakan mentor saat Pilwakot

Ridwan Kamil: Rizal Ramli Jangan Hanya Baca Berita PolitikIDN Times/Debbie Sutrisno

Rizal Ramli yang malang melintang sebagai menteri di sejumlah kabinet pemerintahan sebenarnya bukan orang baru bagi Emil. Menurutnya, selama ini dia kerap melakukan komunikasi dengan Rizal Ramli terutama pada saat menjadi wali kota Bandung.

Bahkan, Emil pun menghormati Rizal Ramli yang merupakan bagian dari masyarakat Jawa Barat. "Pak Rizal Ramli itu juga sempat menjadi mentor saya pada saat pemilihan wali kota. Dia kan dulu kuliah juga di ITB," ungkap Emil.

Baca Juga: Rizal Ramli: Ridwan Kamil Jangan Hanya Pentingkan Pemenangan Jokowi

3. Bakal kirim buku progam Jabar langsun ke Rizal Ramli

Ridwan Kamil: Rizal Ramli Jangan Hanya Baca Berita PolitikDok. Istimewa

Menurut Emil, sebagai seorang mantan menteri, Rizal Ramli seharusnya bisa mencari lebih banyak mengenai program daerah sebelum berkomentar tajam.Jika Rizal belum membaca mengenai program Pemprov Jabar, Emil pun siap mengirimkan buku yang berisi berbagai progam kerja Pemprov Jabar dalam era pemerintahannya.

"Karena informasi terbatas yang didapat (Rizal Ramli), saya akan kirimkan (buku program kerja). Saya juga kan baru enam bulan (menjabat)," pungkas Emil

Baca Juga: Ridwan Kamil Diminta Bangun Monumen Soekarno di Aljazair 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya