Ridwan Kamil Pastikan Bakal Nikmati Malam Tahun Baru di Pangandaran

Agenda muhasabah di Pusdai Bandung di skip dulu katanya...

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana melakukan perayaan tahun baru di Kabupaten Pangandaran. Di sana, rencananya Emil akan meninjau revitalisasi kawasan sekitar pantai Pangandaran yang tengah diperbaiki.

Dengan kepergian Emil ke Pangandaran, artinya dia tidak akan hadir dalam Muhasabah pergantian tahun yang ada di Masjid Pusdai. Padahal poster yang tersebar di berbagai sudut kota Bandung menyebut bahwa Emil akan hadir dalam muhasabah tersebut.

"Tahun baru di Pangandaran. Iya, saya tahun ini khusus, jadi saya skip dulu muhasabah mungkin tahun depan muhasabah lagi. Hapunten pisan," ujar Ridwan Kamil usai meresmikan Taman Pusdai, Senin (30/12).

1. Emil pastikan pembangunan trotoar di Pangandaran bakal mirip di Hawai

Ridwan Kamil Pastikan Bakal Nikmati Malam Tahun Baru di PangandaranIDN Times/Yogi Pasha

Emil mengatakan, saat ini revitalisasi Pangandaran sudah selesai. Bahkan, sekarang sudah ramai dimanfaatkan warga di sana. Hal ini, jelas dukungan Pemprov Jabar untuk pariwisata sebagai lokomotif ekonomi.

Menurut Emil, setelah revitalisasi Pangandaran untuk pantai barat dan pantai timur selesai, maka akan dilanjutkan ke Batu Karas. Kemudian, penerbangan Nusawiru akan ditingkatkan sehingga destinasi pantai paling utama adalah Pangandaran.

"Kan pantainya panjang jadi ada yang kayak Jimbaran buat makan-makan, ada yang zona yang agak berbeda. Ada juga yang trotoarnya kayak Hawaii itu yang jadi andalan pejalan kaki," paparnya.

2. Wisata di Pangandaran makin kece

Ridwan Kamil Pastikan Bakal Nikmati Malam Tahun Baru di PangandaranIDN Times/Istimewa

Sensasi wisata di Pangandaran saat ini makin digemari masyarakat lokal maupun luar negeri. Salah satu yang digemari wisatawan ketika berkunjung ke Pangandaran adalah body rafting yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Berkat keseruan di tempat wisata ini, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, berhasil meraih juara pertama Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kememdes PDTT).

Dengan adanya penghargaan tersebut, wisatawan kini tak hanya bisa menikmati wisata Pantai Pangandaran semata namun ada beberapa tempat wisata yang tak kalah menarik, salah satunya adalah Cukang Taneuh atau Green Canyon dan lokasinya ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

"Jadi di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan sungai dengan pemandangan sekitarnya yang menarik. Air yang jernih, pepohonan rimbun, tebing karst, air terjun kecil, hingga bebatuan yang tampak unik," kata Ketua BUMDes Guha Bau (BUMDes pengelola wisata body rafting di Desa Kertakaya) Teten Sutanto, dilansir Antara.

3. Body rafting di Green Canyon jadi incaran wisatawan

Ridwan Kamil Pastikan Bakal Nikmati Malam Tahun Baru di PangandaranANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Teten mengatakan, yang perlu dicoba wisatawan di Green Canyon adalah body rafting, wisata ini merupakan kegiatan wisata unggulan yang menawarkan dua trek.  Pertama adalah trek panjang dengan panjang jarak tempuh 10 kilometer. Kedua adalah trek pendek dengan jarak 5 kilometer. Tiket untuk menikmati keseruan body rafting adalah Rp225 ribu (trek panjang) dan Rp200 ribu (trek pendek). 

Dia mengatakan, harga ini sudah mencakup perjalanan menggunakan mobil, perahu, makan, asuransi, dan tentu saja body rafting itu sendiri dengan pemandu berpengalaman.

"Untuk body rafting ini, pesertanya minimal lima orang. Ini bisa satu kelompok atau digabung dengan peserta lain. Waktu tempuhnya sendiri 4 sampai 5 jam untuk trek panjang dan 1,5 sampai 3 jam untuk trek pendek," kata Teten Sutanto.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan bertualang menyusuri sungai yang terlihat seolah hijau karena pantulan warna dedaunan. Namun air di sini benar-benar jernih dan menyegarkan dan pengunjung harus berenang hingga berjalan kaki melewati bebatuan.

Tak perlu khawatir jika tak bisa berenang sebab, setiap peserta dibekali pelampung, helm, sepatu karet, dan tentunya didampingi pemandu yang siap membantu jika sewaktu-waktu anda perlu bantuan.

Green Canyon sendiri kini jadi favorit wisatawan dan tahun lalu, pengunjung yang menikmati kegiatan body rafting menjadi 15 ribu orang.  Hal ini berdampak positif untuk kegiatan ekonomi warga setempat. Bahkan, perputaran uangnya mencapai Rp2 miliar.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di Masjid

Baca Juga: Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh Terlewatkan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya