Ridwan Kamil Minta Siskamling Dihidupkan Lagi Antisipasi Aksi Kriminal

Aksi begal marak di provinsi Jabar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkuat koordinasi dengan pemangku kebijakan untuk meningkatkan keamanan terkait dengan maraknya tindak kriminal begal yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Saya akan terus mengoordinasikan keamanan di Depok, Bekasi, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Garut yang sempat ramai (pembegalan), termasuk di Bandung," kata Ridwan Kamil dikutip dari ANTARA, Jumat (13/1/2023).
 
Selain itu, Ridwan Kamil juga mengimbau kepada warga Jabar untuk menghidupkan kembali ronda malam dan menggencarkan siskamling sehingga dapat menekan tindak kriminalitas.

1. Warga harus aktif lapor pihak keamanan jika ada hal mencurigkan

Ridwan Kamil Minta Siskamling Dihidupkan Lagi Antisipasi Aksi KriminalIDN Times/Arief Rahmat

Warga juga diimbau segera melaporkan jika melihat ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya karena ketertiban dan keamanan bukan hanya tugas negara, melainkan tugas bersama seluruh masyarakat.  

"Rajin melaporkan, mengamati gerak-gerik mencurigakan dan lain sebagainya. Keamanan, ketertiban, dan kebersihan bukan hanya tugas negara. Itu tugas kita bersama. Jadi siskamling mudah-mudahan menjadi satu solusi dalam hal preventif," kata dia.  

2. Pemkot Bandung perbanyak lampu JPU

Ridwan Kamil Minta Siskamling Dihidupkan Lagi Antisipasi Aksi KriminalJalan A A Maramis, Mapanget, salah satu jalan utama di Manado gelap karena tak ada penerangan jalan, Selasa (11/10/2022). IDNTimes/Savi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbanyak lampu jalan mulai dari Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL), hingga kamera pengawas atau CCTV guna mencegah aksi begal.  
 
Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp24 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memperbanyak lampu jalan tersebut.  
 
"Karena faktanya kejadian kejadian itu (kriminalitas) bisa terekam CCTV," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurut dia, penempatan lampu jalan dan kamera CCTV itu dikoordinasikan dengan seluruh pihak agar penempatannya maksimal. Sehingga menurutnya penempatannya disesuaikan dengan kebutuhan atau kerawanan.

3. Laporan warga ke polisi permudah penangkapan pelaku kejahatan

Ridwan Kamil Minta Siskamling Dihidupkan Lagi Antisipasi Aksi KriminalIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan, laporan polisi yang dibuat oleh korban tindak pidana kejahatan akan mempercepat kinerja polisi dalam melakukan penangkapan.

“Untuk warga Kota Bandung apabila mengalami suatu tindak pidana atau sesuatu yang tidak menyenangkan terhadap dirinya dan sudah mempublikasikan ke medsos, kami menayarankan sebaliknya juga melaporkan kepada pihak kepolisian setempat, baik Polsek maupun Polrestabes Bandung,” katanya.

langkah masyarakat yang mengunggah rekaman aksi kejahatan di medsos akan lebih bijak apabila dibarengi dengan menempuh jalur hukum. Sehingga, polisi bisa dengan sigap bertindak untuk mengungkap setiap kasus tindak pidana yang dilaporkan oleh setiap korban.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya