Comscore Tracker

Ridwan Kamil Lantik Istri Koruptor Jadi Wakil Bupati Cirebon

Semoga bisa mengemban amanah rakyat yah pak, bu

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Bupati Indramayu Sisa Masa Jabatan 2016-2021, Wakil Bupati Tasikmalaya Sisa Masa Jabatan 2016-2021, dan Wakil Bupati Cirebon Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Adapun mereka adalah Taufik Hidayat (Bupati Indramayu Sisa Masa Jabatan 2016-2021), Deni Ramdani (Wakil Bupati Tasikmalaya Sisa Masa Jabatan 2016-2021), dan Wahyu Tjiptaningsih (Wakil Bupati Cirebon Sisa Masa Jabatan 2019-2024) berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI.

Satu nama mencuat adalah adalah Wahyu Tjiptaningsih. Dia merupakan istri dari mantan Bupati Cirebon sebelumnya, Sunjaya Purwadi, yang divonis lima tahun dalam perkara korupsi jual beli jabatan.

Sementara yang menjabat sebagai Bupati Cirebon saat ini adalah Imron Rosyadi  yang sebelumnya merupakan wakil bupati dari Sunjaya.

1. Kepala daerah harus fokus tangani pandemik dan pulihkan ekonomi

Ridwan Kamil Lantik Istri Koruptor Jadi Wakil Bupati CirebonDok. Humas Jabar

Dalam pelantikan ini, Emil berpesan kepada tiga pimpinan daerah, kepala daerah maupun wakil kepala daerah, yang dilantik hari ini untuk fokus menangani dua urusan yakni pandemik COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

"Saya ucapkan selamat kepada bupati dan wakil bupati, tugas berat menanti karena hari ini masih bergelut dengan dua urusan (yakni) pandemi dan pemulihan ekonomi. Jangan dulu pikir yang lain-lain," ujar Emil.

2. Layani masyarakat sepenuh hati dan profesional

Ridwan Kamil Lantik Istri Koruptor Jadi Wakil Bupati CirebonDok. Humas Jabar

Ia pun menekankan pentingnya tiga nilai yang perlu dimiliki pemimpin di Jabar, yaitu integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional. Sebab, takdir pemimpin melayani bukan dilayani, menolong bukan ditolong, memberi bukan diberi, dan terus cari solusi.

"Pemimpin juga harus profesional dan mengikuti perkembangan zaman. (Integritas, melayani sepenuh hati, dan profesional) itulah syarat nilai pemimpin yang membawa kemajuan dan perubahan di daerah," katanya.

3. Pembangunan daerah harus semakin baik

Ridwan Kamil Lantik Istri Koruptor Jadi Wakil Bupati CirebonIlustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Adapun pelantikan kepala daerah definitif ini diharapkan semakin memperlancar tugas pemerintahan serta pembangunan di masing-masing daerah.

Meski kepala daerah terpilih dalam Pilkada 2020 pun segera dilantik, Emil mengingatkan pejabat yang dilantik hari ini untuk tetap bersungguh-sungguh melaksanakan tugas yang diemban.

"Sebagian (yang dilantik hari ini) waktu tugasnya tidak terlalu banyak, tapi tidak ada kata pendek atau panjang dalam pelayanan," tutur Kang Emil.

"Maksimalkan (masa jabatan), jadi manusia mulia yang membawa kemanfaatan bagi masyarakat," pesannya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Ganjar Pranowo Manfaatkan Layanan Kargo di Kertajati

Baca Juga: Ridwan Kamil: Data Kasus Amburadul Jadi Pemicu PPKM Tak Efektif

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya