Ridwan Kamil Imbau ASN di Jabar Ikut Potong Gaji untuk Tangani Corona

Jangan sungkan untuk menyumbangkan sedikit pendapatan kalian

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat telah memastikan bakal memangkas gaji setiap aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Uang itu nantinya digunakan untuk mendanai upaya melawan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

Selain di lingkungan Pemprov Jabar, Emil sangat berharap para ASN yang ada di  kota/kabupaten se-Jabar bisa ikut serta melakukan langkah pemotongan gaji untuk penanganan corona. Menurut dia, dengan ASN dipotong gaji, bisa menjadi contoh nyata sebagai masyarakat yang ikut bersumbangsih dalam situasi pandemi ini.

"Saya mengimbau kepada daerah di tingkat dua, kabupaten/kota (ikut dipangkas gajinya)," ujar Emil, Senin (30/3).

1. ASN harus jadi garda terdepan sebagai relawan

Ridwan Kamil Imbau ASN di Jabar Ikut Potong Gaji untuk Tangani CoronaDok.Humas Jabar

Emil mengatakan, ASN seharusnya memang menjadi garda terdapat sebagai relawan dalam persoalan seperti sekarang. Sebab pekerjaan seorang ASNa adalah melayani masyarakat dalam bentuk apapun, temasuk berdonasi uang dari yang mereka terima selama ini.

"Karena gerakan untuk memberantas ini (COVID-19) adalah gerakan bersama. Kerelawanan pun bisa oleh siapa saja termasuk ASN," papar Emil.

2. Jumlah pemangkasan gaji ASN Jabar belum tidak dipaparkan

Ridwan Kamil Imbau ASN di Jabar Ikut Potong Gaji untuk Tangani CoronaPixabay/EmAji

Sementara itu, terkait dengan berapa nominal uang gaji ASN yang akan dipotong, Emil belum menjelaskannya. Dia akan melakukan rapat dan menentukan kembali gaji dari sektor mana yang akan dipotong.

"Semua akan disumbangkan. Tapi jumlah pemotongannya tidak bisa disampaikan. Yang penting adil dan proposional. Kita lakukan seadil mungkin," kata dia.

3. ASN Jabar sudah mendapatkan kenaikan gaji yang tinggi

Ridwan Kamil Imbau ASN di Jabar Ikut Potong Gaji untuk Tangani CoronaIlustrasi (IDN Times/Fariz Fardianto)

Satu alasan yang membuat Emil dengan tegas siap memangkas gaji ASN Jabar untuk sementara, karena dia menilai selama ini para pegawai sudah mendapat kenaikan gaji yang cukup besar. Pendapatan tunjangan dari berbagai sektor pun tinggi. Bahkan gaji ASN Jabar lebih tinggi dibandingkan sejumlah provinsi lainnya.

"Ya jadi ini adalah kewajiban bersama. Kita jadi tidak ada istilah tolak menolak," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya