Ridwan Kamil: Generasi Muda Belajarlah dari Pak Habibie

Dia merupakan bapak bangsa

Bandung, IDN Times - Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa(10/9). Kondisinya sudah sadar dan sudah bisa melaksanakan salat. 

Sejumlah tokoh nasional pun sudah menjenguk presiden asal Pare-pare ini. Meski tidak bisa menjenguk, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mendoakan yang terbaik untuk Presiden Habibie. Emil, sapaan akrabnya, berharap beliau diberikan kepulihan dan kesembuhan.

Menurut Emil, Habibie merupakan guru bangsa. Setelah dia selesai dari masa jabatannya sebagai presiden Indonesia, Habibie memberikan banyak inspirasi di luar dunia politik karena memang tidak turun dalam dunia itu secara praktis.

"Dia memberikan inspirasi dari segi teknokratis dan keluarganya pun jadi panutan sampai dibuat film Habibie Ainun, ini kan luar biasa," kata Ridwan Kamil saat berbincang dengan IDN Times, Selasa (10/9).

1. Habibie adalah presiden yang langka

Ridwan Kamil: Generasi Muda Belajarlah dari Pak Habibieinstagram.com/habibiecenter

Dengan semua capaian yang didapat Habibie dari segi pemerintahan dan keluarga, Emil menyebut beliau merupakan presiden yang langka. Untuk itu, generasi millennial harus banyak belajar dari sosok Habibie. Dengan berbagai banyak tekanan kepada beliau, Habibie tetap mampu menjadi pria yang menginspirasi.

"Belajarlah pada pak Habibie, bahwa hidup bisa sukses pada saat kita mengalahkan diri sendiri, walaupun kita jadi orang hebat, sukses, atau orang berkuasa," ujarnya.

2. Mencari waktu untuk bertemu Habibie

Ridwan Kamil: Generasi Muda Belajarlah dari Pak HabibieInstagram/Ridwan Kamil

Mantan Wali Kota Bandung itu pun menyebut tengah mencari waktu untuk bertemu Habibie. Sayangnya pihak rumah sakit belum memberi waktu kepada seluruh pihak yang ingin menjenguk.

"Kalau memungkinkan saya ingin menengok juga tapi memang rumah sakit belum memungkinkan," ujarnya.

3. Habibie disebut sudah semakin membaik

Ridwan Kamil: Generasi Muda Belajarlah dari Pak Habibieinstagram/b.jhabibie

Sementara itu, putra bungsu Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie turut mendampingi sang ayah yang kini sedang dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto.

Melalui keterangannya, Thareq menjelaskan bahwa akan ada keterangan resmi yang disampaikan oleh dirinya dan sang kakak, Ilham Akbar Habibie terkait kondisi kesehatan sang ayah.

Thareq mengonfirmasi bahwa kondisi Habibie saat ini telah membaik dan sembuh namun dia meminta doa untuk apa pun yang terjadi pada Presiden ke-3 RI itu.

"Cuma nitip doa, jangan khawatir beliau sudah sembuh, apa pun yang terjadi terbaik buat bapak saya. Terima kasih," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Ketika ditanyai mengenai kondisi sang Ayah, dia tidak ingin terlalu banyak berkomentar, namun Thareq mengiyakan bahwa Habibie saat ini sudah bisa melaksanakan ibadah salat.

Baca Juga: Jangan Main Game Terus! Salah Satu Pesan BJ Habibie untuk Millennials

Baca Juga: Millennials, Ini 5 Pesan dari Eyang Habibie untuk Kamu!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya