Ridwan Kamil Doakan Wiranto Cepat Pulih dan Kembali Bertugas

Perhatikan hak asasi tersangka yang melakukan diamankan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut prihatin atas penusukan yang terjadi terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis(10/10).

Emil berharap Wiranto segera pulih dan dapat kembali bertugas. Dia pun meminta pihak keamanan untuk meningkatkan kewaspadaan, supaya insiden serupa tidak kembali terjadi.

“Saya turut prihatin atas kejadian yang menimpa Pak Wiranto. Saya doakan mudah-mudahan beliau lekas pulih kembali. Kemudian, bisa bertugas kembali,” kata Ridwan melalui siaran pers, Kamis (10/10) malam.

Menurut Emil, dengan kejadian ini aparat kepolisian dan seluru pihak khususnya mereka yang bertugas bisa menjaga pejabat negara sekelas menteri bisa meningkatkan kewaspadaan. Diharapkan hal serupa tidak terjadi lagi.

"Tentunya, ini (insiden penusukan) menjadi keprihatinan kita semua,” imbuhnya.

Akibat insiden ini Wiranto mengalami luka. Dia pun langsung dibawa ke RSUD Pandeglang untuk mendapatkan penanganan. Setelah itu, Wiranto diterbangkan menuju RSPAD Gatot Soebroto dengan helikopter untuk menjalani operasi.

1. Wiranto sudah mendapatkan perawatan secara baik

Ridwan Kamil Doakan Wiranto Cepat Pulih dan Kembali BertugasANTARAFOTO/M Risyal Hidayat)

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut proses operasi yang dijalani Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berjalan lancar. Proses operasi dilakukan selama kurang lebih tiga jam.

"Alhamdulillah proses operasi berjalan dengan baik, dan Pak Wiranto sudah keluar dari ruang operasi, dan Beliau sekarang menempati ruang untuk ICU untuk distabilkan," kata Pramono di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Pramono pun meminta doa agar mantan Panglima ABRI tersebut bisa kembali pulih dan beraktivitas.

"Kita doakan bersama mudah-mudahan Pak Wiranto segera sehat kembali, karena tentunya dalam proses ini banyak hal yang akan dijelaskan oleh dokter," ucap politikus PDI Perjuangan itu.

Pramono mengaku sudah melihat langsung kondisi Wiranto. Pihak rumah sakit memberikan penanganan yang baik pada Wiranto yang mengalami dua luka tusuk di perutnya.

"Tetapi yang jelas, saya tadi melihat langsung Beliau, setelah sesuai operasi dimasukkan ke ICU dan penanganannya oleh rumah sakit sangat baik sekali," kata dia.

2. Tak akan ganggu proses pelantian Jokowi-Ma'ruf Amin

Ridwan Kamil Doakan Wiranto Cepat Pulih dan Kembali BertugasAntara Foto

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan peristiwa yang menimpa Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam ) Wiranto tidak akan memengaruhi pelantikan Presiden pada 20 Oktober mendatang.

"Saya kira tidak. Mudah2an ini selesai operasi beliau akan menjawab, insyaallah dapat sembuh kembali," ujar JK bertandang ke RSPAD Gatot Soebroto untuk melihat kondisi Wiranto.

3. Perhatikan hak asasi tersangka

Ridwan Kamil Doakan Wiranto Cepat Pulih dan Kembali BertugasIDN Times/Istimewa

Banyaknya isu yang berembus terkait dengan tindak kekerasan berupa upaya penusukan yang menimpa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, dikhawatirkan KontraS dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

Deputi Direktur Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Putri Kanesia mengatakan penting bagi aparat kepolisian untuk menyampaikan informasi yang sudah clear atau jelas.

"Untuk informasi yang belum jelas sebaiknya jangan dulu disampaikan ke masyarakat, karena khawatir Itu akan menimbulkan keresahan di masyarakat kekhawatiran di masyarakat," kata putri.

Menurut Putri, segala isu yang bertebaran masih terlalu dini untuk dinyatakan memiliki keterkaitan dalam peristiwa penusukan Wiranto. Dan penting juga untuk tetap mengedepankan penegakan hukum bahwa yang bersangkutan adalah masih terduga..

"Artinya perlakuan terhadap yang bersangkutan juga tetap harus memperhatikan hukum dan hak asasi manusia dan jangan sampai melanggar," lanjut dia.

Baca Juga: Pelaku Penyerangan Wiranto Pernah Ajak Tetangga ke Suriah 

Baca Juga: Teman Masa Kecil Ungkap Sosok Syahrial Penusuk Wiranto 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya