Ridwan Kamil Doakan Saiq Aqil Segera Sembuh dari COVID-19 

Terpapar COVID-19 bukan aib yang harus ditutupi

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendoakan Ketua PBNU Said Aqil Siraj agar segera pulih setelah terpapar COVID-19. Sebelumnya, Said Aqil telah mengumumkan bahwa dia telah terpapar virus tersebut.

"Jadi saya sangat menghormati memuliakan beliau, sebagai pimpinan ormas Islam terbesar saya mendoakan segera lekas pulih," kata Emil ditemui di Gedung Sate, Senin (30/11/2020).

Ia pun mengapresiasi sikap Said Aqil yang secara bijak mengumumkan kondisi kesehatannya kepada masyarakat. Hal ini juga menjadi inspirasi yang patut dicontoh oleh orang lain.

1. Terpapar COVID-19 bukan aib yang harus ditakuti

Ridwan Kamil Doakan Saiq Aqil Segera Sembuh dari COVID-19 Ilustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Emil menegaskan, COVID-19 bukanlah aib yang harus ditutupi. Mengumumkan hasil tes virus corona merupakan tanggung jawab moril kepada setiap orang yang pernah berinteraksi.

"Satu, Covid itu bukan aib dan yang kedua memberikan tanggung jawab moril kepada yang berinteraksi, untuk mewaspadai diri dengan tracing, dengan testing dan sebagainya. Hanya itu yang kita bisa menyelamatkan pandemi ini untuk berakhir lebih cepat," kata dia.

2. Menag juga berharap Said segera pulih

Ridwan Kamil Doakan Saiq Aqil Segera Sembuh dari COVID-19 Menteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj terkonfirmasi positif COVID-19. Menanggapi kabar itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memanjatkan doa agar Said Aqil lekas sembuh dari penyakitnya. 

"Saya mendengar kabar bahwa KH Said terkonfirmasi positif COVID-19. Saya dan seluruh jajaran Kemenag mendoakan semoga beliau lekas sembuh dan segera sehat sehingga bisa kembali membimbing umat," ujar Menag di Jakarta melalui keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Sebagai penyintas COVID-19, Menag berpesan kepada masyarakat yang masih dalam proses penyembuhan dari virus tersebut agar fokus pada kesehatan. Selain itu, memperbanyak istirahat serta disiplin dalam isolasi dan menerapkan protokol kesehatan.

"Doa kesembuhan juga saya panjatkan bagi seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19. Semoga semuanya lekas sembuh dan sehat," sambungnya.

3. Said Aqil dinyatakan positif COVID-19 pada Sabtu malam

Ridwan Kamil Doakan Saiq Aqil Segera Sembuh dari COVID-19 Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (Dok. Istimewa)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dinyatakan positif COVID-19 pada Sabtu (29/11/2020) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Saat ini, Said Aqil sedang dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Jakarta.

“Sabtu 28 November pada pukul 19.30, hasil PCR Swab dari Al Mukarom Prof Dr KH Said Aqil Siroj menunjukkan hasil positif," kata sekretaris pribadinya Said Aqil, Sofwan Erce melalui siaran persnya, Senin (30/11/2020).

Said Aqil kata Sofwan meminta agar kabar kondisinya disampaikan ke masyarakat dengan tujuan agar tetap waspada terhadap COVID-19. “Sebagaimana yang sering beliau sampaikan bahwasanya COVID-19 ini bukanlah aib, bukanlah hal yang buruk dan bisa menimpa siapa saja dari latar belakang apa saja," ujarnya.

Meski positif COVID-19, Said Aqil menurutnya, dalam kondisi yang baik. “Saya mohon doa untuk kesembuhan dan kekuatan beliau menjalani masa-masa penyembuhan ini," ujar Sofwan.

Baca Juga: Said Aqil, Ketua Umum PBNU Positif COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya