Ridwan Kamil dan Uu Pakai Mobil Listrik untuk Dinas Sehari-hari

Kendaraan listrik jauh lebih ramah terhadap lingkungan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum akhirnya mendapat kendaraan dinas berupa mobil listrik untuk melakukan dinas sehari-hari. Mobil listrik tersebut telah dikirim langsung ke rumah dinas gubernur di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Ridwan Kamil pun langsung mencoba kendaraan ini bersama istrinya, Atalia. Dia menjajal mobil listrik dengan berkeliling sekitar Gedung Pakuan.

"Nyaman mobilnya. Tidak ada suara, tidak ada polusi, dan baik untuk masa depan," ujar Emil usai mencoba mengendari mobil tersebut, Selasa (29/12/2020).

1. Beli tiga mobil listrik untuk tahap pertama

Ridwan Kamil dan Uu Pakai Mobil Listrik untuk Dinas Sehari-hariIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil menuturkan, penyerahan mobil listrik kali ini sebenarnya akan dilakukan beberapa waktu lalu. Namun tertunda dan baru bisa diserakan sekarang.

Ada tiga mobil yang diserahterimakan. Satu mobil untuk dinas gubernur, satu untuk wakil gubernur, dan satu lagi akan diberikan kepada kepolisian.

"Selama ini saya dan pak wagub kan memang tidak memiliki mobil dinas. Makanya pas ada kesempatan dan haknya kita membeli yang murah dan ramah lingkungan," papar Emil.

Pemilihan mobil listrik pabrikan Hyundai ini juga karena kendaraan tersebut sudah pernah dicoba sampai ke Garut dan hasilnya memuaskan.

2. Mobil listrik hemat dan nyaman

Ridwan Kamil dan Uu Pakai Mobil Listrik untuk Dinas Sehari-hariIDN Times/Debbie Sutrisno

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, kendaraan listrik yang akan digunakannya untuk dinas bisa menghemat biaya operasional. Untuk menempuh jarak 300 kilometer (km) hanya membutuhkan sekitar Rp50 ribu saat pengisian listrik.

Hal ini berbeda dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang bisa menghabiskan Rp300 ribu. "Kalau dikonversi ini kan lebih dari seperlima BBM ke listrik," kata Emil.

Pengisian listrik pun mudah karena bisa dilakukan di rumah masing-masing. Namun, ketika kehabisa listrik di perjalanan bisa saja meminta listrik dari rumah orang lain.

3. Tahun depan pembelian kendaraan dinas di Jabar akan diubah dari konvensional ke listrik

Ridwan Kamil dan Uu Pakai Mobil Listrik untuk Dinas Sehari-hariIDN Times/Hana Adi Perdana

Emil pun berjanji untuk pembelian mobil dinas di Pemprov Jabar secara perlahan akan diubah dari kendaraan konvensional yang menggunakan BBM ke kendaraan listrik. Harganya kendaraan listrik dari pabrikan Hyundai pun tergolong murah di angka Rp600 juta. Berbeda dari Tesla yang bisa mencapai Rp1,5 miliar.

Selain mobil, sepeda motor yang masuk dalam pengadaan tahun depan pun bakal diprioritaskan untuk kendaraan listrik. Namun, pihaknya berencana mencari pabrikan dalam negeri karena selama ini sudah ada beberapa yang berhasil membuatnya.

"Ini akan menjadi budaya baru. Dan kami dari pemerintah daerah pertama yang mengalihkan kebijakan kendaraan konvensional ke listrik," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya