Ribuan Warga Bandung Berburu Lowongan Kerja di Job Fair 2024 

Jumlah pengangguran di Bandung masih tinggi

Bandung, IDN Times - Lebih dari 2.800 para pencari kerja di Kota Bandung mendatangi kegiaan Job Fair 2024 yang diselenggarakan Pemkot Bandung di Grand Lokadara, Cicendo, 25 hingga 26 Juli. Terdapat 41 perusahaan yang ikut serta dalam pembukaan lapangan kerja ini menghadirkan ribuan prospek pekerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung Andri Darusman mengatakan, pembukaan bursa kerja ini bukan yang pertama di Kota Bandung. Sudah ada beberapa bursa kerja baik yang dilakukan pihak kampus maupun perusahaan secara langsung.

"Kalau ditotal ini sudah ada 17 kegiatan yang kami rekomendasikan. Tapi hari ini juga jadi kesempatan para pencari kerja untuk menentukan masa depannya," kata Andri, Selasa (25/6/2024).

1. Jumlah pengangguran di Kota Bandung masih tinggi

Ribuan Warga Bandung Berburu Lowongan Kerja di Job Fair 2024 Ilustrasi pengangguran. (IDN Times/istimewa)

Andri mengungkapkan angka pengangguran di Kota Bandung mencapai 116 ribu orang atau 8,8 persen hingga akhir tahun 2023. Sebanyak 40 persen berasal dari lulusan SMA dan SMK yang didominasi generasi Z.

Meski ada penurunan sejak pandemik COVID-19, angka ini dianggap masih terlalu tinggi. Pemkot Bandung berupaya untuk menekan jumlah pengangguran pada angka tujuh persen.

"Kita ingin angka pengangguran terus turun. Jadi lebih banyak warga yang dapat bekerja di Kota Bandung," kata dia.

2. Hadirkan mobil Master permudah pekerja cari kerja

Ribuan Warga Bandung Berburu Lowongan Kerja di Job Fair 2024 IDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam kegiatan ini, Disnaker juga menghadirkan Master (Mobil Anjungan Sahabat Ketenagakerjaan). Mobil ini diharap bisa memberikan bantuan kepada warga yang sedang mencari kerja.

Lewat mobil ini nanti para calon pekerja bisa mendapatkan surat kuning untuk mempermudah melamar kerja hingga konsultasi ke mana pekerjaan yang bisa dijajal.

"Jadi sistemnya ini jemput bola datang ke setiap kewilayahan agar mempermuda pencari kerja," kata dia.

3. Upayakan setengah dari loker bisa terpenuhi

Ribuan Warga Bandung Berburu Lowongan Kerja di Job Fair 2024 Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, dari informasi yang dihimpun ada sekitar 5.400 lowongan pekerjaan baik itu secara daring maupun luring. Dengan total pelamar yang mencapai 2.800 orang diharap seharusnya mereka semua bisa mendapat pekerjaan.

Meski demikian, dengan berbagai kebutuhan yang ada Bambang berharap setengah dari pencari pekerja ini bisa dapat pekerjaannya. Sementara para pencari kerja lainnya bisa ikut dalam bursa kerja di waktu lain yang akan diselenggarakan Pemkot Bandung.

"Mudah-mudahan bisa betul dimanfaatkan oleh siapapun yang ada di aglomerasi Cekungan Bandung, ya khususnya di Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: 5 Tantangan saat Memiliki Side Job, Sering Kesulitan Atur Waktu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya