Ribuan Warga Antusias Ikut Salat Idul Fitri di Lapangan Lodaya

Muhammadiyah lebih dulu rayakan Lebaran

Bandung, IDN Times - Ribuan warga Kota Bandung antusias mengikuti salat Idul Fitri 1444 Hijriah yang diselenggarakan Muhammadiyah di Lapangan Softball, Lodaya, Jumat (21/4/2023). Sejak pukul 05.30 WIB warga mulai memadati lapangan tersebut. 

Salah seorang warga, Ajat Sudrajat, menuturkan, dirinya berangkat dari rumahnya di Kawasan Kabupaten Bandung, sejak pukul 05.00 WIB.

"Tadi dari rumah jam 5 kurang, setelah Salat Subuh langsung berangkat ke sini. Tentunya buat Shalat Idul Fitri di sini," kata Ajat. 

Dia sengaja datang ke Lapangan Softball Lodaya untuk menunaikan Shalat Idul Fitri karena di tempat tinggalnya tidak menggelar Salat Idul Fitri.

"Kebetulan di rumah saya lebarannya besok. Dan kemarin sempat baca-baca berita, informasinya untuk Muhammadiyah dipusatkan di sini (Lapangan Lodaya) Shalat Idul Fitrinya," katanya. 

Warga lainnya, Chusni Zamil, mengutarakan antusianya menunaikan Shalat Idul Fitri di Lapangan Softball Lodaya.

"Tadi anak saya yang kecil, sejak pukul 4 subuh sudah bangun, pingin cepat-cepat lebaran," kata Chusni Zamil, yang datang bersama istri dan dua orang anaknya.

Chusni menuturkan dirinya dan keluarga besarnya merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah pada hari ini.

"Kebetulan keluarga besar saya, hampir semuanya Muhammadiyah," kata dia.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Tamir Masjid Raya Mujahidin, Sani Sonjaya mengatakan, salat Idul Fitri dilaksanakan berdasarkan hasil Fatwa Tarji Muhamadiyah.

"Terkait dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H, Masjid Raya Mujahidin Insya Allah akan melaksanakan seusia dengan putusan Fatwa Tarji Muhammadiyah," kata saat ditemui di Masjid Raya Mujahidin, Jl. Sancang, Kota Bandung, Kamis (20/4/2023). 

Selain di lapangan tersebut akan ada perluasan di sekitar Jalan Banteng jika memang jemaah yang hadir membludak. 

Sani mengaku, pelaksanaan salat Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pengalamannya, akan ada kurang lebih 5.000 jamaah yang melaksanakan salat idul Fitri 1444 Hijriah.

Baca Juga: Jokowi Cuti Lebaran ke Solo, Tapi Tetap Kerja Terima Laporan Menteri

Baca Juga: [WANSUS] Masjid Istiqlal Bersolek Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya