Ribuan Orang Nonton Barongsai di Mal, Satpol PP Bandung Siapkan Sanksi

Masyarakat mulai abai protokol kesehatan

Bandung, IDN Times - Sebuah rekaman video yang memperlihatkan keramaian di Mal Festival Citylink, Kota Bandung, viral di media sosial. Kerumunan orang terlihat sedang menyaksikan atraksi Barongsai dalam perayaan hari Imlek, Selasa (1/2/2022).

Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi membenarkan adanya kerumunan itu. Menurutnya, keramaian itu terjadi pada tanggal 1 Februari 2022 ketika perayaan barongsai dalam memperingati Imlek. Diduga, menurut dia, terdapat ribuan orang yang mengikuti kegiatan itu.

"Kemarin kejadiannya tanggal 1 Februari 2022. Saya lihat, makanya cek ke sana kegiatan barongsai gitu lah memperingati Imlek," kata dia melalui sambungan telepon pada Rabu (2/2/2022).

1. Sudah berkoordinasi dengan kepolisian dengan adanya video tersebut

Ribuan Orang Nonton Barongsai di Mal, Satpol PP Bandung Siapkan Sanksi(Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sebagai tindak lanjut, menurut Rasdian, instansinya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengecek ke lokasi. Jika didapati hari ini masih ada kegiatan di sana, Satpol PP Bandung dipastikan bakal melakukan penghentian.

Selain itu, pengecekan ke lokasi juga dilakukan untuk memintai keterangan pada pihak penyelenggara kegiatan tersebut. Rasdian pun mengaku bakal memberi sanksi karena kegiatan itu telah menimbulkan kerumunan.

"Kalau dari hasil seperti dari laporan pengaduan ya akan kita lanjuti. Bisa saja di situ karena sudah kerumuman nanti kami bisa berikan sanksi," ucap dia.

2. Keramaian sempat terjadi di beberapa mal

Ribuan Orang Nonton Barongsai di Mal, Satpol PP Bandung Siapkan SanksiPengunjung melintas di antara dekorasi lampion di pusat perbelanjaan Mal Taman Anggrek, Jakarta, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Adapun mengenai sanksi, kata Rasdian, dikenakan sesuai ketentuan yang berlaku seperti denda. Dari informasi yang dihimpun, kerumunan tak hanya terjadi di Festival Citylink tapi juga di pusat keramaian lainnya seperti Cihampelas Walk hingga Trans Studio Mall.

"Kita rapatkan, sanksi diberikan yang ada sesuai regulasi," kata dia.

3. Plt Wali Kota Bandung sudah larang kegiatan Barongsai

Ribuan Orang Nonton Barongsai di Mal, Satpol PP Bandung Siapkan SanksiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta semua pihak tidak menyelenggarakannya dulu atraksi Barongsai. Bagaimana lagi, faktanya keramaian kerap terjadi ketika orang menonton atraksi barongsai.

Menurutnya, tidak ada barongsai pun kehikmatan perayaan Imlek tidak akan berkurang. Maka, alangkah baiknya kegiatan barongsai yang bisa menimbulkan kerumunan dihilangkan dulu tahun ini karena pandemik masih menyelimuti.

"Sebaiknya tunda dulu lah," kata Yana.

Baca Juga: Viral Konser Musik Langgar Prokes di Subang, Polda: Belum Ada Izinnya

Baca Juga: Vihara Siu San Keng Kembali Rayakan Imlek Tanpa Barongsai

Baca Juga: Rayakan Tahun Baru Imlek, Jemaah Padati Vihara di Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya