Ribuan Emak-emak Relawan Ganjar Pranowo Gelar Zikir dan Doa di Cianjur

Mereka ingin Ganjar maju dalam pemilihan presiden 2024

Bandung, IDN Times - Relawan Ganjar Pranowo dari kaum perempuan terus bermunculan di Provinsi Jawa Barat, salah satunya di Kabupaten Cianjur. Ratusan relawan yang mengatasnamakan Mak Ganjar tersebut menggelar zikir dan doa bersama di Pondok Pesantren Gelar, Desa Peuteuycondong, Cibeber, Cianjur.

Kordinator Wilayah Mak Ganjar Jabar, Nurapsi mengatakan, zikir dan doa ditujukkan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Harapannya seluruh bangsa ini diberik kekuatan untuk terus bersatu dan bekerja-keras untuk memenuhi segala kebutuhan dan mencapai cita-cita bersama.

Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan mendoakan Ganjar Pranowo agar bisa maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. "Doa itu luar biasa. Semoga doa kita terkabul, mudah-mudahan masyarakat, terutama ibu-ibu di Jawa Barat bisa mendapatkan hak-haknya," kata Nurapsi melalui siaran pers, Rabu (27/7/2022).

1. Sosok Ganjar dianggap sangat dekat dengan perempuan

Ribuan Emak-emak Relawan Ganjar Pranowo Gelar Zikir dan Doa di CianjurGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat dicukur gundul saat peringatan Hari Kanker Anak Sedunia di Semarang, Senin (28/2/2022). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Menurutnya, sebanyak 2000 orang ikut dalam doa dan zikir akbar tersebut. Pada kegiatan ini turut hadir para kiai dan ulama dari sejumlah pesantren di Jabar. Kemudian ada juga ustadzah, ibu-ibu majelis talim, ibu rumah tangga, hingga perempuan dari berbagai profesi. Emak-emak mengenakan pakaian warna putih dibalut kaos Mak Ganjar dengan kerudung berlogo Mak Ganjar.

Menurutnya, Ganjar memiliki visi dan misi yang jelas dalam mewujudkan Indonesia makmur dan sejahtera. Hal itu terbukti dalam rekam jejak kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Tengah saat ini, maupun dulu saat menjadi anggota DPR RI.

"Kalau pandangan ibu-ibu dari sini, sosok beliau Pak Ganjar itu sangat religius, nasionalis, terutama sayang banget sama ibu-ibu dan keluarganya," ujar kata dia.

2. Masyarakat jangan terpecah belah karena politik

Ribuan Emak-emak Relawan Ganjar Pranowo Gelar Zikir dan Doa di CianjurIlustrasi pemilu. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pimpinan Ponpes Gelar Cianjur, KH. M. Faisal menyambut baik acara ini. Ia mengaku senang karena acara ini memperkuat silaturahmi. Faisal mengajak semua lapisan masyarakat agar tidak terpecah belah meskipun berbeda pilihan dalam politik.

Faisal sendiri menilai Ganjar merupakan sosok yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan Nasional. Ia sendiri menyatakan telah menjalin komunikasi dengan Ganjar dengan baik.

"Beliau orangnya baik," kata Faisal usai memimpin acara.

3. Nama Ganjar masih ada di urutan atas lembaga survei

Ribuan Emak-emak Relawan Ganjar Pranowo Gelar Zikir dan Doa di CianjurANTARA FOTO/Anis Efizudin

Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) melakukan jajak pendapat terkait siapa sosok calon presiden (capres) 2024, yang akan paling banyak dipilih responden. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam surveinya, SSI melibatkan 1.200 responden yang dilakukan pada 3-12 Juli 2022, menggunakan metode sampling multistage random dengan margin of error sekitar 2,83 persen. Tingkat kepercayaan dalam survei ini 95 persen.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, mengatakan survei yang dilakukan timnya menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung.

Salah satu hasil survei yang dilakukan mengenai elektabilitas terhadap nama-nama yang diisukan akan menjadi calon presiden. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi capres dengan elektabilitas paling unggul.

Berikut hasil elektabilitas capres hasil survei SSI:
- Prabowo Subianto: 25,08 persen
- Ganjar Pranowo: 20.83 persen
- Anies Baswedan: 20.75 persen
- Ridwan Kamil: 5,92 persen
- Sandiaga Uno: 3,33 persen
- Agus Harimurti Yudhoyono: 2,67 persen
- Erick Thohir: 2,50 persen
- Puan Maharani: 1,17 persen
- Khofifah Indar Parawansa: 0,50 persen
- Airlangga Hartarto: 0,42 persen
- Tidak akan memilih: 0,25 persen
- Rahasia: 2,33 persen
- Belum memutuskan: 4,25 persen
- Tidak tahu/tidak jawab: 20 persen.

Baca Juga: Momen Istri Ganjar Pranowo Ikut Full Marathon 42K di Pocari Sweat Run

Baca Juga: PDIP Larang ke Luar Jawa Tengah, Ganjar: Gak Apa-apa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya