Comscore Tracker

Restoran Bandung Bagikan Makanan Gratis buat Warga Terdampak COVID-19

Bantuan sekecil apapun akan sangat berdampak

Bandung, IDN Times - Aksi saling memberi tak hentinya dilakukan sejumlah masyarakat selama pandemik COVID-19. Terbaru, sebuah restoran di Kota Bandung membuka dapur umum dan membagikan makanan gratis untuk masyarakat sekitar yang terdampak wabah ini.

Restoran yang ada di Jalan Sukajadi, Bandung, mendirian tenda tepat di depan toko. Bekerja sama dengan sebuah yayasan, mereka tampak mempersiapkan paket makanan yang telah dimasask di dapur.

Setelah makanan siap, para pegiat aksi langsung mempersilakan masyarakat untuk datang dan mengambil makanan. Tidak ada nomor antrean atau keharusan mereka membawa apapun sebagai petanda terdampak COVID-19.

1. Restoran siapkan 500 paket makanan setiap harinya

Restoran Bandung Bagikan Makanan Gratis buat Warga Terdampak COVID-19IDN Times/Istimewa

Koordinator dapur umum Jimmy Sun mengatakan, pandemik yang sudah berlangsung hampir 1,5 tahun jelas memberikan dampak buruk untuk masyarakat. Banyak dari mereka yang harus kehilangan pekerjaan sehingga pendapatan harian atau bulanan tersendat.

Kondisi ini kemudian membuat Jimmy dan rekan-rekannya mendirikan dapur umum tersebut. Harapannya kegiatan ini bisa sedikit membantu masyarakat yang membutuhan makanan.

"Kita siapkan 500 paket setiap hari di sini. Selain di retoran ini kita juga akan membagikannya di tempat lain," ujar Jimmy.

2. Animo masyarakat sambut makanan gratis amat tinggi

Restoran Bandung Bagikan Makanan Gratis buat Warga Terdampak COVID-19ilustrasi saling membantu pada warga isolasi mandiri. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Menurutnya, meski baru dibuka untuk pembagian makanan, animo masyarakat sangat tinggi. Kondisi itu memperlihatkan bahwa banyak orang yang harus dibantu.

Dalam satu paket makanan ini memang tidak banyak, hanya ada ayam dan sedikit sayuran. Meski demikian, Jimmy memastikan makanan ini halal dan bisa dinikmati siapa saja warga yang melintas.

"Silakan mencicipi. Ini dikasih kepada siapa saja yang membutuhkan," paparnya.

3. Akan berkoordinasi dengan kecamatan hingga kelurahan untuk penyaluran bantuan

Restoran Bandung Bagikan Makanan Gratis buat Warga Terdampak COVID-19Ilustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dia mengatakan, ke depannya ia akan memberi bantuan secara langsung dari rumah ke rumah. Sistemnya bekerja sama dengan kecamatan dan kelurahan, sehingga pendataan lebih tepat bagi warga membutuhkan.

Untuk makanan itu setidaknya disiapkan 200 paket per hari. "Jadi kita door to door," ungkapanya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan, Ati Haryati, mengaku senang dengan program ini. Meski tidak banyak tapi bantuan sosial seperti ini jadi angin segara untuk warga yang membutuhkan.

"Semoga PPKM bisa segera selesai jadi semua bisa beraktivitas lagi," kata dia.

Baca Juga: Kenapa Belum Ada Sekolah Gelar Tatap Muka di Kota Bandung?

Baca Juga: Para Pemimpin di Jatim yang Terjerat Kasus Korupsi

Baca Juga: Makanan Gratis dari Sang Perantau untuk Warga Binjai 

Baca Juga: Warung Medan Peduli, Silakan Ambil Makanan Gratis Bagi yang Lapar

Baca Juga: 5 Kafe Instagrammable Bandung Ini Bikin Serasa Berada di Tengah Hutan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya