Comscore Tracker

Relawan Ganjar Beri Edukasi Politik Bagi Perempuan Muda di Jabar

Sudah selayaknya anak muda bisa lebih paham pada politik

Bandung, IDN Times - Relawan Ganjar Pranowo di Jabar Barat terus bergerilya mencari lumbung suara. Berbagai kegiatan pun dilakukan salah satunya membuat wadah edukasi politik untuk perempuan lewat Srikandi Jawa Barat.

Koordinator Wilayah Srikandi Jawa Barat, Eva Yuliana menuturkan, kegiatan edukasi politik ini menyasar perempuan muda, khususnya mahasiswa untuk bergabung memberikan suaranya pada pemilihan umum, termasuk pemilihan presiden 2024.

"Umumnya kan mereka menjadi pemilih pemula. Saya ingin mengajak mereka semua untuk melek terhadap politik dalam menentukan pilihannya," kata Eva Gebyar HUT RI ke 77 di Gedung Maduma Naramamora, Panyileukan, Kota Bandung, dikutip dari siaran pers, Senin (15/8/2022).

Selain itu, Srikandi Jawa Barat tidak hanya melakukan kegiatan yang bersifat hiburan saja, melainkan program bantuan langsung dan kegiatan sosial lainnya, khususnya kepada perempuan.

1. Isi kegiatan dengan seni dan hiburan

Relawan Ganjar Beri Edukasi Politik Bagi Perempuan Muda di JabarIDN Times/Istimewa

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan dilakukan di berbagai kabupaten/kota di Jabar. Selain mengajarkan anak muda agar melek dunia perpolitikan, mereka juga diajak berkesenian termasuk mendapatkan program yang menghibur.

"Bandung ini karakter masyarakatnya cukup plural, kreatif dan gemar terhadap kegiatan seni maupun budaya. Kegiatan hiburan seperti ini sudah sering dan mendatangkan atensi cukup besar dari masyarakat. Untuk itu, kita kemas kegiatan tersebut dengan hal serupa," ungkap Eva.

Srikandi Jabar sudah bergerak di beberapa kota setelah sebelumnya sukses dilakukan di Karawang. Target selanjutnya akan menyasar Kabupaten Garut dan Kota Tasikmalaya.

2. Optimistis nama Ganjar makin banyak dikenal warga Jabar

Relawan Ganjar Beri Edukasi Politik Bagi Perempuan Muda di JabarGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Selain kegiatan seni, turut serta pameran edukasi psikologi yang meliputi love language, peer counseling dan tes kepribadian yang bertujuan untuk memberikan pelayanan perempuan dalam mengelola kesehatan mental.

"Kurang lebih selama 4 bulan kita tebar jaring kepada relawan di setiap daerah di Jawa Barat, sudah banyak yang mengenal sosok Pak Ganjar sebagai sosok yang nasionalis dan tokoh Bangsa, saya semakin yakin dan kuat gerakan ini," kata dia.

3. Ini hasil survei lembaga SSI untuk Pilpres 2024

Relawan Ganjar Beri Edukasi Politik Bagi Perempuan Muda di Jabargoogle

Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) melakukan jajak pendapat terkait siapa sosok calon presiden (capres) 2024, yang akan paling banyak dipilih responden. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam surveinya, SSI melibatkan 1.200 responden yang dilakukan pada 3-12 Juli 2022, menggunakan metode sampling multistage random dengan margin of error sekitar 2,83 persen. Tingkat kepercayaan dalam survei ini 95 persen.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, mengatakan survei yang dilakukan timnya menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung.
Salah satu hasil survei yang dilakukan mengenai elektabilitas terhadap nama-nama yang diisukan akan menjadi calon presiden. Hasilnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi capres dengan elektabilitas paling unggul.

Berikut hasil elektabilitas capres hasil survei SSI:
- Prabowo Subianto: 25,08 persen
- Ganjar Pranowo: 20.83 persen
- Anies Baswedan: 20.75 persen
- Ridwan Kamil: 5,92 persen
- Sandiaga Uno: 3,33 persen
- Agus Harimurti Yudhoyono: 2,67 persen
- Erick Thohir: 2,50 persen
- Puan Maharani: 1,17 persen
- Khofifah Indar Parawansa: 0,50 persen
- Airlangga Hartarto: 0,42 persen
- Tidak akan memilih: 0,25 persen
- Rahasia: 2,33 persen
- Belum memutuskan: 4,25 persen
- Tidak tahu/tidak jawab: 20 persen.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya