Rekomendasi Milla, Persib Rekrut Tyronne del Pino Pemain Asal Spanyol

Pemain ini diharap memberikan warna baru permainan Persib

Bandung, IDN Times - Persib Bandung kembali merektut pemain anyar untuk mengarungi Liga Indonesia musim 2023-2024. Tyronne del Pino, pemain asal Spanyol ini dipersiapkan untuk menjadi pengatur serangan Maung Bandung musim depan.

Pemain yang pernah memperkuat beberapa klub La Liga Spanyol seperti Las Palmas dan Tenerife tersebut menjadi rekrutan legiun asing pertama Persib di musim ini. Kehadiran Tyronne pun menjadi pemain Spanyol kedua yang berseragam Persib setelah Juan Carlos Belencoso pada tahun 2016 silam.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono mengatakan, pemain berposisi playmaker ini direkrut atas rekomendasi pelatih Luis Milla.

“Atas rekomendasi pelatih, kami mengontraknya dengan durasi satu tahun dan ada opsi perpanjangan satu tahun,” kata Teddy di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/5/2023).

1. Sudah dipersiapkan jauh-jauh hari

Rekomendasi Milla, Persib Rekrut Tyronne del Pino Pemain Asal SpanyolDirektur Persib Bandung, Teddy Tjahjono saat mengunjungi IDN Media HQ pada Senin (21/3/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Proses perekrutan Tyronne sudah terjadi seusai kegiatan Sarasehan PSSI di Surabaya, Maret lalu. Dalam aturan baru Liga Indonesia yang segera diresmikan, setiap tim diperbolehkan merekrut pemain asing 5+1. Sementara saat ini skuat asuhan Luis Milla itu baru memiliki 3 pemain asing bebas dan 1 Asia.

“Proses sebenarnya cukup lama karena proses pembicaraan itu setelah sarasehan PSSI di Surabaya, saat itu tercetus kuota asing 5 + 1,” ucap Teddy.

Teddy mengungkapkan, sudah ada kesepakatan antara Persib dengan Tyronne, sambil menunggu regulasi 5 + 1 yang sebelumnya masih samar. Sampai akhirnya, operator Liga 1 memutuskan regulasi pemain asing diberlakukan dengan sistem 5 + 1, Tyronne baru diumumkan kepada publik.

“Saat itu kami mulai bergerak identifikasi pemain yang direkrut dan sebenarnya sudah disepakati kesepakatan awal yang sebellumnya dengan Tyronne, di mana kesepakatan itu akan batal (apabila) regulasi 5 + 1 batal,” jelasnya.

2. Cetak 6 gol pada musim terakhirnya

Rekomendasi Milla, Persib Rekrut Tyronne del Pino Pemain Asal SpanyolIDN Times/Istimewa

Sebelum bergabung dengan Persib, pemain kelahiran Las Palmas, 27 Januari 1991 ini bermain untuk klub Thailand Nakhon Ratchasima. Di klub tersebut, ia tampil dalam 27 pertandingan dengan koleksi 6 gol.

Tyronne merupakan pemain jebolan Akademi Las Palmas. Namun, pada masa kontraknya bersama Las Palmas, Ia sempat dipinjamkan ke Barkaldo, Huesca dan Tenerife sebelum akhirnya berseragam Lamia (Yunani) pada rentang periode tahun 2019–2020.

3. Persib sudah punya lima pemain asing

Rekomendasi Milla, Persib Rekrut Tyronne del Pino Pemain Asal Spanyolligaindonesiabaru.com

Dengan kehadiran Tyronne, artinya Persib kini dihuni 4 pemain asing bebas yakni David da Silva, Ciro Alves, dan Nick Kuipers. Sementara 1 pemain asing asal Asia diisi oleh Daisuke Sato dari Filipina.

Maung Bandung masih memiliki satu slot pemain asing lagi untuk mengisi regulasi pemain asing untuk kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Baca Juga: Selesai dengan Persib Bandung, David Rumakiek Merapat ke PSIS Semarang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya