Comscore Tracker

Ratusan Warga Sukabumi Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024

Sandiaga dianggap mampu ciptakan lapangan pekerjaan

Bandung, IDN Times - Persaingan sejumlah nama untuk maju dalam pemilihan presiden makin ketat. Banyak masyarakat yang membentuk gerakan relawan untuk meloloskan calonnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Di Sukabumi, ratusan masyarakat yang menamakan Gerbong Pecinta Sandiaga (GPS) mendeklarasikan siap mendukung Sandiaga Uno untuk maju dalam pemilihan presiden dua tahun mendatang.

Ratusan relawan GPS itu terdiri dari sejumlah elemen masyarakat yakni kalangan milenial, pegiat UMKM, pelaku wisata, dan emak-emak. Deklarasi tersebut berlangsung di Kafe Nyumput, Jalan Rambai-Cipanengah, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Sukabumi, Kamis 21 April 2022.

"Hari ini kita sepakat dari temen-temen para pecinta sandiaga untuk sama-sama mendeklarasikan diri bahwa pak Sandiaga adalah sosok yang pas, dan tepat untuk menjadi Presiden Indonesia 2024. Kita lihat dari kinerja pak Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri, dalam kondisi pandemi seperti ini hadir sebagai solusi untuk negara Indonesia," kata Deklarator sekaligus Ketua GPS, Nurul Jaman Hadi melalui siaran pers, Jumat (22/4/2022).

1. Siap rangkul kalangan millennial dan UMKM di Sukabumi agar dukung Sandiaga

Ratusan Warga Sukabumi Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Dia mengatakan, kegiatan itu sebagai langkah awal dukungan untuk Sandiaga Uno maju pada kontestasi Pilpres 2024. Ke depannya GPS akan terus merangkul seluruh kalangan milenial dan pelaku UMKM di Sukabumi lainnya.

"Kita terus mendukung dan menjadikan pak Sandiaga Salahuddin Uno. Karena beliau sosok yang tepat untuk memimpin negara ini. Sehingga melalui beliau kita yakin Indonesia bisa menjadi negara yang super power dan yang bisa menyejahterakan rakyatnya," ungkapnya.

2. Sosok yang bisa dijadikan dijadikan teladan anak muda

Ratusan Warga Sukabumi Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Dok. APR)

Salah satu anggota GPS dari kalangan anak muda, Enjang Abdullatif menuturkan, Sandiaga dianggap sosok yang bisa menjadi panutan dan teladan. Contoh dari segi enterpreneur misalnya, Sandiaga terlihat menjadi orang yang bekerja keras dalam merintis serta membangun sebuah usaha.

"Menurut saya dari kerja kerasnya beliau yang merintis (usaha) dari nol. Ide yang kreatif, inovasi dan juga kedekatan-kedekatan antara pak Sandi dan masyarakat terutama kalangan milenial itu sangatlah dekat. Walaupun tidak secara langsung tetapi lewat sosial media pak Sandi sudah menginspirasi dan juga memperlihatkan pak Sandiaga dekat dengan masyarakat," ujar Enjang.

3. Sandiaga masuk 10 besar capres hasil survei SMRC

Ratusan Warga Sukabumi Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres 2024Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (IDN Times/Muhammad Nasir)

Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) melakukan jajak pendapat terhadap sejumlah siapa calon presiden yang akan dipilih responden bila pemilu digelar hari ini.

Survei ini dilakukan pada 13-20 Maret 2022 dengan melibatkan 1.027 responden yang usianya di atas 17 tahun. SMRC dalam surveinya menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 3,12 persen.Tingkat kepercayaan dalam survei ini sebesar 95 persen. Survei ini melakukan wawancara lewat tatap muka.

Dalam survei ini, SMRC melakukan sejumlah simulasi terhadap nama-nama calon presiden yang dipilih oleh respon. Ada 43 tokoh yang disuguhkan kepada respon.

Meski demikian, IDN Times hanya akan menampilkan 10 tokoh teratas saja. Hasilnya, Ganjar Pranowo.

- Ganjar Pranowo: 18,1 persen
- Prabowo Subianto: 17,6 persen
- Anies Baswedan: 14,4 persen
- Ridwan Kamil: 3,9 persen
- Agus Harimurti Yudhoyono: 3,5 persen
- Megawati Sukarnoputri: 3,1 persen
- Basuki Tjahaja Purnama: 3 persen
- Sandiaga Uno: 2,9 persen
- Khofifah Indar Parawansa: 2,5 persen
- Muhaimin Iskandar: 2,3 persen

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya