Ratusan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Bandung

Pemkab pastikan bantu untuk perbaikan

Bandung, IDN Times - Sebanyak 141 rumah mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Peristiwa ini terjadi saat hujan deras melanda wilayah itu pada Senin(5/6/2023).

Kapolsek Baleendah Kompol Tedi Rusman mengatakan, peristiwa itu terjadi pada sekitar pukul 17.00 WIB di tiga kelurahan, yakni Desa Rancamanyar, Desa Bojongmalaka, dan Kelurahan Andir.

"Saat ini pemerintah daerah, khususnya di Kecamatan Baleendah ini dari kemarin kita sudah menghubungi BPBD, untuk melakukan upaya," kata Tedi dikutip dari ANTARA, Rabu (7/6/2023).

1. Pembersihan rumah masih dilakukan

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di BandungIlustrasi dampak angin kencang (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Dari data yang diterimanya, sejauh ini wilayah yang terdampak paling parah yakni Desa Bojongmalaka. Di wilayah itu, terdapat sekitar 110 rumah yang mengalami kerusakan.

"Kemudian di kelurahan Andir ada 20 rumah, dan di Rancamanyar ada sekitar 11 rumah. Totalnya ada sekitar 141 rumah," kata Tedi.

Adapun mayoritas mayoritas rumah warga itu mengalami kerusakan atap rumah. Karena angin yang kencang, menurutnya genting atau kanopi rumah warga di kawasan itu berterbangan.

"Kalau bangunan sendiri yang roboh itu ada beberapa rumah agak sedikit jebol," kata dia.

Saat ini, dia mengatakan bantuan yang diperlukan oleh warga itu untuk membersihkan puing-puing material bangunan yang berserakan. Menurutnya beberapa warga pun terpaksa mengungsi ke tetangga atau saudaranya karena rumah yang rusak..

"Dibutuhkan terpal, karena rumah-rumahnya bocor, takutnya hujan lagi. Kalau alat berat belum, paling alat pemotong kayu," katanya.

2. Tak ada korban jiwa

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di BandungIlustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepala Desa Bojongmalaka Dedi Darmawan memastikan tidak ada korban jiwa meski wilayah jadi yang terdampak paling parah. Namun, menurutnya ada seorang anak yang mengalami luka ringan karena pecahan genting.

"Rata-rata kerusakan itu di atap rumah seperti kanopi, dinding rumah, genteng, asbes, itu yang berterbangan," kata Dedi.

3. Pemkab Bandung akan bantu warga perbaiki rumah yang rusak

Ratusan Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di BandungBupati Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Sahrul Gunawan Kabupaten Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjamin pihaknya akan membantu warga untuk memperbaiki seratusan rumah yang rusak karena terdampak angin puting beliung di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Menurutnya ada tiga kelurahan yang terdampak bencana yakni Desa Bojongmalaka, Desa Rancamanyar, dan Kelurahan Andir.

"Kita akan dorong bantuan kepada masyarakat, yang tentunya untuk bisa membantu memperbaiki rumah-rumah yang kena musibah angin puting beliung tersebut," kata Dadang, Selasa.

Dia mengatakan, sejauh ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tengah melakukan asesmen terhadap seratusan rumah rusak itu. Sehingga, kata dia, nantinya bisa diketahui kategori rumah yang rusak ringan, sedang, hingga berat.

Adapun bantuan yang akan diberikan kepada warga terdampak itu berupa uang yang bersumber dari anggaran belanja tak terduga (BTT). Lalu, kata dia, nominal uang yang diberikan itu bakal sesuai dengan kategori kerusakan rumah berdasarkan asesmen BPBD.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Terlebih lagi, menurutnya saat ini kondisi cuaca di wilayah Bandung sedang tidak menentu.

"Saat melihat ke lokasi musibah angin puting beliung tersebut sempat ada khawatir, tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya.

Baca Juga: Doa Meredakan Hujan Lengkap Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Baca Juga: Hujan dan Angin Puluhan Rumah Warga Gunungkidul Rusak

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya