Ratusan Orang Ikut Bandung Lautan Photographer, Jadi Ajang Tukar Ide

Mereka pun adakan perlombaan memfoto model remaja

Bandung, IDN Times - Menangkap sebuah gambar melalui kamera saat ini menjadi tren yang sangat populer. Beragam komunitas photografer pun bermunculan sebagai tempat menyalurkan hobi dan mencari penghasilan.

Untuk mempertemukan banyaknya para fotografer di Kota Kembang, Bandung Lautan Photografer pun diselenggarakan, Minggu (17/9/2023) di Kiara Artha Park. Dengan kampanye #CaptureMemoriesReplaceHistories para photografer ini diajak untuk tetap sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dalam kegiatan hari ini, setidaknya lebih dari 500 fotografer ikut serta

"Polusi udara sedang menjadi isu hangat pada saat ini. Kami coba membuat prgram yang bisa memiliki manfaat bagi semua pihak termasuk membuat kampanya yang berkaitan dengan tema lingkungan," kata Direktur Utama VOIR Creative Andini Maharani Putri.

1. Fotografer punya peran penting memberikan edukasi pada masyarakat

Ratusan Orang Ikut Bandung Lautan Photographer, Jadi Ajang Tukar IdeUnsplash/Jakob Owens

Pada dasarnya, lanjut Andiri, photography bisa membantu menjaga lingkungan hidup melalui karya yang dihasilkan setiap fotografer. Melalui kegiatan ini harapannya semakin banyak karya yang dihasilkan bisa memberikan pencerahan pada masyarakat agar ikut serta menjaga alam.

"Kampanye ini bisa dimulai dari hal kecil misalnya tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kelestarian lingkungan," paparnya.

Para fotografer pun, kata dia, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi duta lingkungan yang memiliki peran penting memberikan informasi terkini mengenai alam dan cara menjaganya.

2. Gandeng para desainer pelaku UMKM

Ratusan Orang Ikut Bandung Lautan Photographer, Jadi Ajang Tukar IdeIDN Times/Istimewa

Dalam kegiatan kali ini, Bandung Lautan Photografer melakukan banyak hal mulai dari diskusi, pemotretan model, bazar, hingga pentas musik. Selain itu ada juga karya dari sejumlah desainer salah satunya dari Univerisas Maaranatha dan Institut Seni Budaya Indonesia.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi agency, VOIR juga ingin menunjukan bahwa kegiatan yang kreatif dapat diekspresikan melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat ataupun lingkungan. Acara ini pun melibatkan beberapa tenant UMKM guna mendukung kemajuan ekonomi di
Indonesia.

Dengan menggandeng banyak tenant UMKM, pengunjung juga dapat menikmati waktu dengan berbagai kegiatan menarik, seperti mencoba berbagai kuliner setempat, mengendarai sepeda dan skuter listrik, menikmati pertunjukan air mancur, dan menikmati
rangkaian acara Bandung Lautan Photographer.

3. Fotografer bisa saling bertukar pikiran dengan kegiatan ini

Ratusan Orang Ikut Bandung Lautan Photographer, Jadi Ajang Tukar Idehttps://www.royalcaribbean.com

Salah satu peserta kegiatan, Raisan menuturkan, kegiatan seperti ini memberikan manfaat besar bagi fotografer. Karena selama ini banyak yang memotret mencari tempat sendiri, sekarang dipersatukan dengan berbagai komunitas.

"Jadi ajang tukar pikiran mengenai isu terbaru di dunia fotografi juga. Kita bisa bertemu banyak teman di sini," paparnya.

Dalam acara tersebut banyak momen yang menarik bagi Raisan. Salah satunya mencari foto tentang lingkungan dan hunting model remaja bersama-sama.

"Konsep foto ini jadi tantangan para fotografer dan membuat kita harus lebih kreatif," katanya.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Fotografer Profesional, Bikin Portofolio?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya